PERAN ADVERTISING STRATEGY, BRAND IMAGE, DAN DIFFERENTIATION TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA MEMILIH PERGURUAN TINGGI SWASTA DI KOTA MAKASSAR

Authors

  • Nasyirah Nurdin
  • Mujahid Mujahid
  • Sri Adrianti Muin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis sejauh mana pengaruh advertising strategy, pengaruh brand image, dan pengaruh differentiation terhadap keputusan mahasiswa memilih perguruan tinggi swasta di Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan metode yang bersifat kuantitatif deskriptif dan lokasi penelitian di Kota Makassar. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden. Adapun variabel penelitian yang terdiri dari variabel independent (X) yaitu advertising strategy (X1), brand image (X2), Differentiation (X3) dan variabel dependen (Y). Penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda dengan uji hipotesis yang terdiri dari Uji t dan Uji F. Berdasarkan Hasil Pada uji t, advertising strategy tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Keputusan mahasiswa ditunjukkan dengan nilai thitung lebih kecil dari ttabel atau 0,239 < 1,984 dengan nilai signifikasi 0,811 > 0,05 dan brand image berpengaruh signifikan terhadap keputusan mahasiswa ditunjukkan dengan nilai thitung lebih besar dari ttabel atau 3,284 > 1,984 dengan nilai siginifikasi 0,001 < 0,05 sedangkan differentiation berpengaruh signifikan terhadap keputusan mahasiswa yang ditunjukkan dengan nilai thitung lebih besar dari ttabel atau 3,381 > 1,984 dengan nilai signifikasi 0,001 < 0,05. Pada Uji F terbukti bahwa advertising strategy, brand image dan differentiation berpengaruh signifikan terhadap keputusan mahasiswa memilih perguruan tinggi swasta di Kota Makassar, ditunjukkan dengan nilai Fhitung 49,168 > Ftabel 2,70 dan nilai signifikasi <0,05.

 

Kata kunci: advertising strategy, brand image, differentiation, keputusan mahasiswa

Downloads

Published

2020-11-01

Most read articles by the same author(s)