Analisis Promosi Dan Kualitas Pelayanan Aplikasi Pln Mobile Terhadap Keputusan Pelanggan Tambah Daya Di PLN ULP Watang Sawitto

Authors

  • Rasni S Mahasiswa Program Studi Magister Ilmu Komunikasi Universitas Fajar
  • Tuti Bahfiarti Pascasarjana Universitas Fajar
  • Yusmanizar Pascasarjana Universitas Fajar

Keywords:

Promosi, Kualitas Pelayanan, Aplikasi PLN Mobile, Keputusan Pelanngan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi dan kualitas pelayanan Aplikasi PLN Mobile terhadap keputusan pelanggan tambah daya di PLN ULP Watang Sawitto. Pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner, dokumentasi dan studi kepustakaan. Data analisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dengan menggunakan teknik asosiatif berupa hubungan klausal dan menggunakan metode analisis linear berganda. Hasil penelitian ini menemukan bahwa hasil uji statistik menunjukkan nilai signifikansi untuk variabel promosi (X1) dan variabel kualitas pelayanan (X2) lebih kecil dari nilai standar yaitu
0,000 < 0,05 baik secara parsial maupun simultan, yaitu secara parsial promosi berpengaruh 0,404% dan kualitas pelayanan berpengaruh 0,308% terhadap keputusan pelanggan tambah daya. Adapun secara simultan diperoleh hasil uji promosi dan kualitas pelayanan memiliki pengaruh sebesar 84,209. Kemudian korelasi ditemukan bahwa variabel independen mempunyai hubungan yang kuat terhadap variabel dependen sebesar 37,6%. Kesimpulan dari penelitian ini memberikan gambaran bahwa promosi dan kualitas pelayanan yang telah dilakukan oleh PLN ULP Watang Sawitto telah dijalankan dan memberikan sumbangsih terhadap keputusan pelanggan tambah daya.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-05-20