Journals of Social, Science, and Engineering https://journal.unifa.ac.id/index.php/jsse <p><strong>Journals of Social, Science, and Engineering (Journal-SSE)</strong> diterbitkan oleh Fakultas Pascasarjana Universitas Fajar yang mencakup bidang komunikasi, manajemen, sosial, sains dan keteknikan. Jurnal ini merupakan jurnal multidisiplin yang direncanakan terbit 2 kali dalam setahun, yakni pada setiap bulan Mei dan November. Setiap edisi terbit diharapkan memuat 6-12 judul yang mewakili minimal 3 bidang kajian sebagai basis dari pengelolaan jurnal ini, yaitu komunikasi, manajemen dan rekayasa infrastruktur dan lingkungan.<br /><br /><em><strong>Journals of Social, Science, and Engineering (Journal-SSE)</strong> is published by the Graduate Faculty of Fajar University covering the fields of communication, management, social, science and engineering. This journal is a multidisciplinary journal that is planned to be published twice a year, namely in May and November. Each published edition is expected to contain 6-12 titles representing at least 3 fields of study as the basis for managing this journal, namely communication, infrastructure and environmental engineering and management.</em><br /><br /></p> en-US jsse@unifa.ac.id (JSEE) Tue, 14 Jun 2022 20:41:16 +0700 OJS 3.3.0.10 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 PDF Strategi Komunikasi Pemasaran PT. Citra Warna Jaya Abadi Cabang Tamalanrea Makassar Pada Masa Pandemi Covid-19 https://journal.unifa.ac.id/index.php/jsse/article/view/333 <p>Penelitian ini dilatarbelakangi fenomena pandemi covid-19. Dengan adanya pandemi covid-19 ini ada konsekuensi dari himbauan penutupan pusat perbelanjaan dan social distance sehingga berkurangnya jumlah toko atau outlet yang dibuka, jam buka took/outlet serta jumlah konsumen yang berkunjung. Hal ini berdampak pada tiga sisi, yaitu pertama bagi pelaku usaha perdagangan (termasuk usaha mikro dan kecil), kedua, konsumen, dan ketiga pemilik property seperti pemilik pertokoan/mall/plaza. Penelitian ini dilakukan di lokasi PT. Citra Warna Jaya Abadi cabang tamalanreaMakassar yang beralamat di Jalan Perintis Kemerdekaan No. 29A KM.9, Tamalanrea, Makassar, Sulawesi Selatan dalam rangka untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran pada masa pandemi covid-19. Jenis penelitian ini deskriptif kualitatif. Penelitian ini didukung dengan teknik pengumpulan data melalui teknik wawancara dan observasi langsung kepada subjek penelitian serta dokumentasi. Penelitian ini di bedah dari teori Windu Mahmud dan Wakhid Basori. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran yang dijalankan oleh PT. Citra Warna Jaya Abadi cabang Tamalnrea Makassar pada masa pandemi covid-19 yakni menggunakan media cetak, media online, serta memberikan pelayanan prima yang berbeda dengan kompetitor lain kepada konsumen.</p> <p><strong>Kata kunci:</strong> strategi, komunikasi, pemasaran, pandemi, covid-19.</p> <p><em>This research was motivated by the phenomenon of the COVID-19 pandemic. With the Covid-19 pandemic, there are consequences of the call for closing shopping centers and social distancing so that the number of shops or outlets opened, shop/outlet opening hours and the number of consumers visiting is reduced. This has an impact on three sides, namely firstly for trading business actors (including micro and small businesses), secondly, consumers, and thirdly property owners such as shop/mall/plaza owners. This research was conducted at the location of PT. Citra Warna Jaya Abadi Makassar tamalanrea branch which is located at Jalan Perintis Kemerdekaan No. 29A KM.9, Tamalanrea, Makassar, South Sulawesi in order to find out the marketing communication strategy during the covid-19 pandemic. This type of research is descriptive qualitative. This research is supported by data collection techniques through interview techniques and direct observation to research subjects and documentation. This research is based on the theory of Windu Mahmud and Wakhid Basori. The results of this study indicate that the marketing communication strategy implemented by PT. Citra Warna Jaya Abadi, the Tamalnrea Makassar branch during the COVID-19 pandemic, used print media, online media, and provided excellent service that was different from other competitors to consumers.</em></p> <p><br /><br /></p> A. Nova Angraeni, A. Nur Insan, Muhammad Asdar Copyright (c) 2022 Journals of Social, Science, and Engineering https://journal.unifa.ac.id/index.php/jsse/article/view/333 Thu, 12 May 2022 00:00:00 +0700 PDF Pengaruh Iklan dan Program Acara Terhadap Perilaku dan Minat Beli Pendengar Radio Venus https://journal.unifa.ac.id/index.php/jsse/article/view/327 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung antara iklan dan program acara Radio Venus terhadap perilaku pendengar dan minat beli produk iklan. Penelitian ini dilaksanakan di Radio Venus Makassar. Pengumpulan data dilakukan melalui kuisioner, wawancara, dan studi pustaka. Data dianalisis menggunakan regresi berganda dan regresi sederhana melalui uji SPSS kemudian dilanjutkan dengan menggunakan <em>path analysis</em> menggunakan uji Sobel. Uji data dilakukan dengan lima hipotesis nol dan lima hipotesis alternatif. Hasil penelitian ini menemukan dan menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh iklan terhadap perilaku pendengar Radio Venus yang sangat kuat. (2) Terdapat pengaruh signifikan perilaku pendengar Radio Venus terhadap perilaku pendengar Radio Venus. (3) Terdapat pengaruh perilaku pendengar terhadap minat beli produk iklan sebesar 60 persen. (4) Terdapat pengaruh tidak langsung antara iklan yang tayang di dalam program Radio Venus terhadap minat beli produk melalui perilaku pendengar. (5) Terdapat pengaruh tidak langsung antara program acara Radio Venus terhadap minat beli produk iklan melalui perilaku pendengar.</p> Dini Anggraeni, Abdul Samad A., Alem Febri Sonni Copyright (c) 2022 Journals of Social, Science, and Engineering https://journal.unifa.ac.id/index.php/jsse/article/view/327 Thu, 12 May 2022 00:00:00 +0700 PDF Pengaruh Elemen Visual dan Jenis Konten Pada Instagram @Tapada_Id Dalam Meningkatkan Brand Awareness dan Minat Beli di CV. Tapada Berkah Bersama https://journal.unifa.ac.id/index.php/jsse/article/view/326 <p>Teknologi komunikasi saat ini telah menggunakan internet dan sistem digital untuk menyampaikan sebuah informasi. Salah satu perusahaan sablon dan konveksi di Makassar yaitu CV. Tapada Berkah Bersama, menggunakan konten visual di media sosial khususnya instagram untuk memberikan informasi kepada audiens dan calon pelanggannya terkait perusahaan Tapada. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji apakah penggunaan konten visual di Instagram dapat mempengaruhi kesadaran merek dan minat beli dari audiens dan masyarakat terkait perusahaan Tapada. Metode penelitian adalah kuantitatif untuk mengukur tingkat pemahaman informasi yang diterima oleh audiens dari sebuah konten visual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang kuat antara elemen visual dan jenis konten secara simultan sebesar 54,3% terhadap <em>brand awareness</em>, dan memberikan pengaruh sebesar 47,6% terhadap minat beli. Dapat diketauhi bahwa pemanfaatan media sosial dan platform digital dapat membangun kesadaran merek dan ketertarikan dari calon pelanggan terhadap perusahaan yang memanfaatkan media sosial sebagai media publik untuk memperkenalkan profil perusahaan dan produk yang ditawarkan.</p> Nur Fajar Ansari, Abdul Samad A., Yusmanizar Copyright (c) 2022 Journals of Social, Science, and Engineering https://journal.unifa.ac.id/index.php/jsse/article/view/326 Thu, 12 May 2022 00:00:00 +0700 PDF Pengaruh Korean Wave Terhadap Perilaku Komunikasi Dalam Menentukan Minat Beli Komunitas Korea Kota Makassar https://journal.unifa.ac.id/index.php/jsse/article/view/329 <p><em>Korean wave</em> atau gelombang <em>hallyu</em> merupakan fenomena budaya populer yang saat ini telah menyebar ke banyak negara, salah satunya adalah Indonesia. Terbukti dengan banyaknya komunitas pencinta Korea yang sudah ada di Kota Makassar. Penelitian ini meletakan fokus pada bagaimana <em>korean wave</em> mempengaruhi perilaku komunikasi serta menentukan minat beli pada komunitas pencinta Korea yang ada di Makassar. Penelitian ini menggunakan teori Terpaan Media. Sedangkan pendekatan yang digunakan yakni penelitian kuantitatif yakni dengan menggunakan Kuesioner, pengamatan dan studi literatur. Hasil penelitian menunjukan pengaruh <em>korean wave</em> cukup signifikan pada komunitas pencinta Korea di Makassar. Signifikansi tersebut ditunjukkan dari besar pengaruh Korean Wave terhadap perilaku komunikasi yaitu 47,4% dan pengaruh <em>korean wave </em>terhadap minat beli sebesar 44,3% serta pengaruh perilaku komunikasi terhadap minat beli yakni sebesar 44,0%. besarnya pengaruh <em>korean wave</em> terhadap perilaku komunikasi dan minat beli anggota komunitas korea di makassar merupakan terpaan dari media yang mencakup gaya berbicara serta gaya hidup.</p> J. Mujahidah Pawah, A. Nur Insan, Nur Alim Djalil Copyright (c) 2022 Journals of Social, Science, and Engineering https://journal.unifa.ac.id/index.php/jsse/article/view/329 Thu, 12 May 2022 00:00:00 +0700 PDF Manajemen Inovasi Penyiaran Radio: Studi Kasus Smart Fm Makassar – Kg Radio Network https://journal.unifa.ac.id/index.php/jsse/article/view/324 <p>Penelitian ini dilatarbelakangi berkembangnya teknologi penyiaran dengan transformasi digital, yang sudah mulai menjadi alternatif media yang dipakai selain radio analog. Dengan hadirnya teknologi digital radio yaitu streaming dan podcasting ini memungkin terjadinya pula perubahan atau transformasi dalam penyebarluasan konten siaran. Proses Inovasi manajemen siaran radio yang menghasilkan transformasi digital dalam penyiaran radio inilah yang menjadi titik fokus penelitian. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui Proses Manajemen Inovasi yang dilakukan Smart FM Makassar dalam rangka transformasi digital penyiaran radio untuk mempertahankan eksistensinya. Adapun kegunaan penelitian ini terbagi atas manfaat teoris dan manfaat praktis. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus dengan mendeskripsikan data-data yang diperoleh serta mengonstruksi hasil wawancara terhadap objek penelitian. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dibedah dengan menggunakan teori manajemen media Goerge R. Terry. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Smart FM Makassar melakukan inovasi manajemen dalam rangka transformasi digital siarannya dan melakukan berbagai terobosan baru untuk mempertahankan eksistensinya.&nbsp; Antara lain inovasi yang dilakukan adalah migrasi konten siaran dari analog ke siaran digital atau biasa disebut <em>streaming</em> dan<em> podcasting</em>. Dalam pengembangan dan pemanfaatan teknologi digital, Smart FM Makassar menerapkan konsep <em>Planning, Organizing, Actuating</em> dan <em>Controling</em> (POAC).</p> Novika Ayu Triany, Muhammad Ridwan Arif, Citra Rosalyn Anwar Copyright (c) 2022 Journals of Social, Science, and Engineering https://journal.unifa.ac.id/index.php/jsse/article/view/324 Thu, 12 May 2022 00:00:00 +0700 PDF Sewindu Dramaturgi Komunikasi Politik Deng Ical (Tahun 2013-2021) https://journal.unifa.ac.id/index.php/jsse/article/view/328 <p>Saat pilkada, masyarakat akan memilih pemimpinnya, oleh karena itu politisi perlu membangun citra melalui komunikasi politik yang baik agar mendapat kepercayaan masyarakat sehingga dapat dipilih. Penelitian ini mengkaji komunikasi politik yang dilakukan Deng Ical dalam mengelola hubungan dengan masyarakat Makassar dilihat dari perspektif teori dramaturgi Erving Goffman. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini menjelaskan komunikasi politik dilakukan Deng Ical saat berada di panggung depan dan panggung belakang, bagaimana melakukan kontrol terhadap informasi, dan manejemen impresi. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa Deng Ical mampu membangun citra yang baik di mata masyarakat, bahkan dikenal sebagai pemimpin yang merakyat.</p> Muhammad Agung Tirtayasa Gemuruh Tanrasula Tanrasula, Muh. Akbar Copyright (c) 2022 Journals of Social, Science, and Engineering https://journal.unifa.ac.id/index.php/jsse/article/view/328 Thu, 12 May 2022 00:00:00 +0700