Strategi Komunikasi Politik Mitra Fakhruddin MB dalam Meraih Dukungan Pemilih Pemula Pada Pemilihan Calon Anggota DPR RI 2019
Keywords:
Strategi Komunikasi Politik, Kampanye, Pemilih PemulaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi politik Mitra Fakhruddin MB dalam meraih dukungan pemilih pemula pada pemilihan calon anggota DPR RI 2019.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus dengan teritorial penelitian di Kabupaten Enrekang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan utama pada penelitian ini anggota DPR RI Komisi X Mitra Fakhruddin MB dan informan kunci dari tim pemenangannya dan pemilih pemula dengan tambahan data dari KPU Enrekang dan KPU Sulsel. Hasil penelitian
menunjukkan strategi komunikasi politik yang digunakan Mitra Fakhruddin MB dalam meraih dukungan pemilih pemula pada pileg 2019 antara lain dengan merawat ketokohan dan jejaring. Selain itu, juga isu/pesan politik yang dijual sesuai dengan kepentingan kalangan anak muda serta memilih saluran/media komunikasi politik dengan kombinasi konvensional door to door dan media modern yaitu Facebook dan Instagram.