Analisis Strategi Peningkatan Kinerja Ombudsman Republik Indonesia Provinsi Papua Dalam Penyelesaian Laporan Pengaduan Masyarakat

Authors

  • Ismail Saleh Marsuki Mahasiswa Program Studi Magister Manajemen Stratejik Universitas Fajar
  • Muliyadi Hamid Pascasarjana Universitas Fajar
  • Nurmadhani Fitri Suyuthi Pascasarjana Universitas Fajar

Keywords:

Strategi, Peningkatan Kinerja, Ombudsman, Pengaduan Masyarakat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis kondisi kinerja Ombudsman Republik Indonesia Provinsi Papua dalam penyelesaian laporan pengaduan Masyarakat, Mengidentifikasi strategi peningkatan kinerja Ombudsman Republik Indonesia Provinsi Papua dalam penyelesaian laporan pengaduan Masyarakat. Penelitian ini dilaksanakan pada kantor Ombudsman Republik Indonesia Provinsi Papua. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan analisis SWOT kemudian dideskriptifkan secara kualitatif. Hasil Penelitian ini menemukan
bahwa kinerja Ombudsman Republik Indonesia Provinsi Papua dalam penyelesaian laporan pengaduan yang belum efektif, disebabkan oleh beberapa hambatan seperti kurangnya kualitas dan kuantitas sumber daya manusia, keterbatasan anggaran, kurangnya fasilitas dan infrastruktur pendukung kinerja penyelesaian laporan pengaduan masyarakat serta kurangnya
sosialisasi dan publikasi kepada masyarakat maupun instansi terkait Ombudsman Republik Indonesia. Ombudsman Republik Indonesia Provinsi Papua memiliki kekuatan dan peluang sehingga strategi yang dapat dilakukan adalah dengan penambahan dan peningkatan kualitas asisten melalui pelatihan-pelatihan, peningkatan anggaran, penambahan fasilitas dan infrastruktur pendukung serta sosialisasi dan publikasi kepada masyarakat maupun instansi terkait dengan Ombudsman Republik Indonesia

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-05-20