Analisis Strategi Peningkatan Kinerja Ombudsman Republik Indonesia Provinsi Papua Dalam Penyelesaian Laporan Pengaduan Masyarakat
Keywords:
Strategi, Peningkatan Kinerja, Ombudsman, Pengaduan MasyarakatAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis kondisi kinerja Ombudsman Republik Indonesia Provinsi Papua dalam penyelesaian laporan pengaduan Masyarakat, Mengidentifikasi strategi peningkatan kinerja Ombudsman Republik Indonesia Provinsi Papua dalam penyelesaian laporan pengaduan Masyarakat. Penelitian ini dilaksanakan pada kantor Ombudsman Republik Indonesia Provinsi Papua. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan analisis SWOT kemudian dideskriptifkan secara kualitatif. Hasil Penelitian ini menemukan
bahwa kinerja Ombudsman Republik Indonesia Provinsi Papua dalam penyelesaian laporan pengaduan yang belum efektif, disebabkan oleh beberapa hambatan seperti kurangnya kualitas dan kuantitas sumber daya manusia, keterbatasan anggaran, kurangnya fasilitas dan infrastruktur pendukung kinerja penyelesaian laporan pengaduan masyarakat serta kurangnya
sosialisasi dan publikasi kepada masyarakat maupun instansi terkait Ombudsman Republik Indonesia. Ombudsman Republik Indonesia Provinsi Papua memiliki kekuatan dan peluang sehingga strategi yang dapat dilakukan adalah dengan penambahan dan peningkatan kualitas asisten melalui pelatihan-pelatihan, peningkatan anggaran, penambahan fasilitas dan infrastruktur pendukung serta sosialisasi dan publikasi kepada masyarakat maupun instansi terkait dengan Ombudsman Republik Indonesia