Motivasi Belajar Siswa Dalam Meningkatkan Kualitas Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam
Keywords:
Motivasi Belajar, Kualitas Mata Pelajaran, Pendidikan Agama IslamAbstract
Motivasi pembelajaran salah satu penentu dalam meningkatkan kualitas mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar siswa dalam meningkatkan kualitas mata pelajaran pendidikan Agama Islam di SMK Mutiara Ilmu Makassar. Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif dengan pendekatan teologis normatif, pedagogis, dan psikologis. Teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan kepustakaan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar dapat peningkatan kualitas mata pelajaran pendidikan Agama Islam di SMK Mutiara Ilmu Makassar yang dilakukan dalam dua bentuk, yaitu motivasi secara internal dan eksternal. Motivasi secara internal berupa pemberian angka/nilai, pemberian hadiah, dan pemberian hukuman. Sedangkan motivasi secara eksternal berupa keterlibatan dalam organisasi dan ketersediaan sarana prasarana yang memadai.