Motivasi Belajar Siswa Dalam Meningkatkan Kualitas Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam

Authors

  • Muhammad Safri Safri Akademi Keperawatan Yapenas 21 Maros, Indonesia
  • Herawati Dahlan Universitas Fajar
  • Andi Mattingaragau Tenrigau Universitas Fajar

Keywords:

Motivasi Belajar, Kualitas Mata Pelajaran, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Motivasi pembelajaran salah satu penentu dalam meningkatkan kualitas mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar siswa dalam meningkatkan kualitas mata pelajaran pendidikan Agama Islam di SMK Mutiara Ilmu Makassar. Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif dengan pendekatan teologis normatif, pedagogis, dan psikologis. Teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan kepustakaan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar dapat peningkatan kualitas mata pelajaran pendidikan Agama Islam di SMK Mutiara Ilmu Makassar yang dilakukan dalam dua bentuk, yaitu motivasi secara internal dan eksternal. Motivasi secara internal berupa pemberian angka/nilai, pemberian hadiah, dan pemberian hukuman. Sedangkan motivasi secara eksternal berupa keterlibatan dalam organisasi dan ketersediaan sarana prasarana yang memadai.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-11-24