Submissions

Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  • The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  • Where available, URLs for the references have been provided.
  • The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  • The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  • If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.

Author Guidelines

Pedoman Penyusunan Naskah

  1. Artikel di Jurnal Ilmiah Hubungan Internasional Fajar diterbitkan dalam bahasa Indonesia. Penulis diharapkan menulis dengan jelas dan menggunakan kaidah bahasa Indonesia serta tanda baca yang benar.
  2. Panjang artikel adalah 5000-7000 kata termasuk daftar pustaka. Kemudian dikirim dalam versi yang dapat disunting dengan Microsoft Word (.Doc atau .Docx) atau Rich Text Format (.Rtf) dan menggunakan tipografi (gunakan template artikel). Atur judul dan sub-judul menggunakan urutan yang jelas. Harap jangan menggunakan lebih dari tiga tingkat headline. Hindari penggunaan poin-poin atau penjelasan bernomor.
  3. Judul artikel harus menggambarkan artikel dengan jelas. Harap menulis kata-kata yang singkat dan informatif. Gunakan huruf besar untuk huruf awalan dan kata utama tidak lebih dari 14 kata.
  4. Abstrak harus berupa paragraf ringkas dan tidak lebih dari 200 kata yang ditulis dalam dua bahasa (Indonesia dan Inggris) jika memungkinkan. Abstrak mencakup deskripsi singkat dari artikel, metodologi, dan ringkasan temuan kunci dengan 3-6 kata kunci. Kata kunci mewakili bidang keahlian penulis, kebaruan, isu dan alat analisis.
  5. Pendahuluan menyampaikan latar belakang masalah, dan membantu pembaca untuk masuk ke dalam substansi artikel. Pada bagian ini penulis harus menyatakan tujuan penulisan dan kebaruan artikel.
  6. Tinjauan Pustaka harus membandingkan dan mengevaluasi karya-karya sebelumnya pada subjek, sehingga artikel penulis akan menjadi tulisan yang unik.
  7. Metode Penelitian menginformasikan bagaimana penelitian dilakukan dan metode pengumpulan atau analisis data apa yang digunakan.
  8. Hasil dan Pembahasan menguraikan data untuk membuat artikel dipahami. Penulis dapat menggunakan gambar, tabel dan diagram untuk membantu memberikan penjelasan yang komprehensif.
  9. Kesimpulan berisi ringkasan artikel dan temuan kunci.
  10. Gambar, Tabel, Diagram harus memiliki judul dan sumber serta disajikan dalam urutan numerik. Setiap tabel atau gambar yang diterbitkan kembali setelah publikasi awal harus dinyatakan dengan jelas sebagai bahan yang diadaptasi atau dicetak ulang.
  11. Catatan akhir diperbolehkan dalam jurnal ini untuk mengklarifikasi, membandingkan, atau memberikan pendapat kritis yang membuat analisis lebih maju.
  12. Referensi adalah daftar sumber referensi yang disusun dalam gaya American Psychological Association (APA) edisi keenam seperti yang disajikan menurut abjad dan kronologis. Tim editorial merekomendasikan agar penulis menggunakan alat manajer referensi seperti Mendeley, Zotero, EndNotes, dan lain-lain. Penulis wajib memprioritaskan penelitian terbaru, mencari literatur dalam 10 tahun terakhir dan artikel jurnal dalam 5 tahun terakhir yang relevan.

Pedoman Pengumpulan Online

Mengirimkan Artikel ke Email yang disediakan oleh Pengelola Jurnal

  1. Silahkan dikirimkan ke alamat email: jihif@unifa.ac.id. dengan (subject email: Nama Lengkap [tanpa gelar]_Prodi/Departemen_Nama Instansi/Kampus) & (badan email: Tema Artikel_Judul Artikel_No.HP).
  2. Jenis file artikel yang dapat disunting (.doc; .docx; .rtf; lihat cara menyunting artikel).
  3. Kirim artikel dan amati untuk memastikannya selesai.

Pedoman untuk Menanggapi Reviewer

  1. Reviewer akan mengirimkan umpan balik kepada penulis, dan setelah diterima, diharapkan penulis akan menanggapi umpan balik pada tanggal jatuh tempo yang ditentukan.
  2. Tanggapan yang diberikan oleh penulis harus dilakukan dengan menggunakan fitur dalam Ms. Word.3.
  3. Penulis harus mencatat bahwa akan menerima dua umpan balik dari reviewer yang berbeda. Oleh karena itu, penulis harus mencoba untuk menyalin setiap komentar dan saran ke dalam satu dokumen. Setelah itu, penulis dapat menanggapi dengan mengajukan argumen, merevisi pernyataan, dan menjawab pertanyaan.
  4. Setelah ada masukan/tanggapan dari reviewer, penulis dapat mengirimkan tanggapannya kepada tim redaksi melalui Open Journal System (OJS) Jurnal Ilmiah Hubungan Internasional Fajar atau email ke jihif@unifa.ac.id

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.

Nama dan alamat email atau data apa pun yang dimasukkan dalam situs jurnal ini akan digunakan secara eksklusif untuk tujuan jurnal ini dan tidak akan tersedia untuk tujuan lain atau pihak lain mana pun.