STUDI EVALUASI TAHAN GEMPA PADA STEEL STRUCTURE ENGINE CUBE MENGGUNAKAN SAP 2000

Earthquake Resistance Evaluation Study On Steel Structure Engine Cube Using Sap 2000

Authors

  • Edgar Buntario Danduru Universitas Fajar

Abstract

Gempa bumi merupakan sebuah guncangan hebat yang menjalar ke permukaan bumi yang disebabkan oleh gangguan di dalam litosfir (kulit bumi). Baja adalah logam paduan logam besi sebagai unsure dasar dengan beberapa elemen lainnya termasuk karbon. Pengertian daktilitas secara umum dapat diartikan sebagai kemampuan suatu elemen struktur untuk berdeformasi baik rotasi ataupun translasi pada saat menyerap energi dari luar system tanpa mengalami kegagalan/putus. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui daktilitas struktur baja yang digunakan sebagai steel frame engine cube ketika terjadi gempa. Penelitian ini membahas tentang daktilitas baja yang digunakan pada engine cube MPP 1 Sorong 50MW. Metode penelitian ini dilakukan dengan cara mengevaluasi kinerja struktur baja, maka penelitian ini harus dilakukan dengan sistematika yang teratur agar diperoleh hasil yang baik dan dapat dipertanggungjawabkan. Hasil analisis yang telah dilakukan maka penulis berpendapat bahwa gedung engine cube sorong termasuk dengan level kinerja LS (Life Safety) untuk semua profil baja yang digunakan dengan tingkat daktilitas sebesar1,59652949. Kerusakan yang terjadi mulai dari kecil sampai dengan tingkat sedang tetapi tidak membuat struktur hancur. Walaupun kekauan struktur berkurang, tetapi masih mempunyai ambang yang cukup besar terhadap keruntuhan. Hal ini ditunjukkan terbentuknya sendi plastis diawali dari elemen balok yang kemudian pada saat mencapai performance point mayoritas elemen balok terbentuk sendi plastis, kemudian pada sebagian elemen balok mencapai kondisi batas inelastis.

Published

2020-04-10

Issue

Section

Articles