Eksplorasi Konten Marketing, Endorsement, Dan Diskon Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Generasi Z Melalui Tiktok Shop Di Kota Parepare

Authors

  • Naulya Dwi Putri Mahasiswa Program Studi Manajemen, Institut Ilmu Sosial dan Bisnis Andi Sapada Pare-Pare
  • Pandi Putra Institut Ilmu Sosial Dan Bisnis Andi Sapada
  • Ades Asike Institut Ilmu Sosial Dan Bisnis Andi Sapada
  • Bakthiar Tijjang Institut Ilmu Sosial Dan Bisnis Andi Sapada
  • Hartati Institut Ilmu Sosial Dan Bisnis Andi Sapada

DOI:

https://doi.org/10.47354/mjo.v6i1.764

Abstract

Tujuan penelitian ini (1) Untuk mengetahui Konten Marketing, Endorsement, dan Diskon berpengaruh secara parsial terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Generasi Z melalui Tiktok Shop di Kota Parepare. (2) Untuk mengetahui Konten Marketing, Endorsement, dan Diskon berpengaruh secara simultan terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Generasi Z melalui Tiktok Shop di Kota Parepare. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, kuesioner, dokumentasi, dan study keperpustakaan. Penentuan sampel ditentukan dengan insidental sampling dan didapat sebanyak 60 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan ini menunjukkan bahwa (1) Secara parsial, Konten Marketing berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian pada Generasi Z di Kota Parepare. Secara parsial, Endorsement berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian pada Generasi Z di Kota Parepare. Sedangkan secara parsial Diskon berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada Generasi Z di Kota Parepare. (2) Secara simultan, Konten Marketing, Endorsement, dan Diskon berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian pada Generasi Z di Kota Parepare. (3) Hasil koefisien determinasi menunjukkan Konten Marketing variabel independen mempengaruhi variabel dependen yaitu 75.6%, oleh karena itu bagi peneliti yang akan meneliti dengan tema yang sama, disarankan sebaiknya menambahkan variabel lain yang belum terdapat pada penelitian ini agar hasil penelitian dapat lebih baik lagi dan membuktikan hipotesis. Hal ini dimungkinkan akan memberikan hasil perbandingan pengaruh dari penelitian yang sebelumnya.

Downloads

Published

2024-05-22