Pengaruh Strategi Komunikasi Pemasaran Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Pelanggan Balai Besar Standardisasi Dan Pelayanan Jasa Industri Hasil Perkebunan Mineral Logam Dan Maritim Di Makassar
DOI:
https://doi.org/10.47354/mjo.v6i1.754Keywords:
Strategi Komunikasi Pemasaran , Kepuasan, Loyalitas PelangganAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan pengaruh strategi komunikasi pemasaran terhadap kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan, pengaruh kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan, pengaruh strategi komunikasi pemasaran terhadap loyalitas melalui kepuasan pelanggan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan objek penelitian pada Balai Besar Standardisasi dan Pelayanan Jasa Industri Hasil Perkebunan, Mineral Logam, Dan Maritim di Kota Makassar, dengan teknik analisis data menggunakan uji instrumen, analisis path, uji asumsi klasik, uji hipotesis, koefisien determinasi, serta uji sobel test. Hasil penelitian menemukan bahwa strategi komunikasi pemasaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, strategi komunikasi pemasaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, dan kepuasan pelanggan memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Dari hasil uji sobel test diperoleh bahwa kepuasan pelanggan dapat memediasi pengaruh strategi komunikasi pemasaran terhadap loyalitas pelanggan pada Balai Besar Standardisasi dan Pelayanan Jasa Industri Hasil Perkebunan, Mineral Logam dan Maritim di kota Makassar.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ainun Berliani, Muhammad Asdar, Abdul Samad A
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.