Pengaruh Strategi Komunikasi Pemasaran Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Pelanggan Balai Besar Standardisasi Dan Pelayanan Jasa Industri Hasil Perkebunan Mineral Logam Dan Maritim Di Makassar

Authors

  • Ainun Berliani Mahasiswa Magister Manajemen, Universitas Fajar, Makassar
  • Muhammad Asdar Pascasarjana Universitas Fajar
  • Abdul Samad A Pascasarjana Universitas Fajar

DOI:

https://doi.org/10.47354/mjo.v6i1.754

Keywords:

Strategi Komunikasi Pemasaran , Kepuasan, Loyalitas Pelanggan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan pengaruh strategi komunikasi pemasaran terhadap kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan, pengaruh kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan, pengaruh strategi komunikasi pemasaran terhadap loyalitas melalui kepuasan pelanggan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan objek penelitian pada Balai Besar Standardisasi dan Pelayanan Jasa Industri Hasil Perkebunan, Mineral Logam, Dan Maritim di Kota Makassar, dengan teknik analisis data menggunakan uji instrumen, analisis path, uji asumsi klasik, uji hipotesis, koefisien determinasi, serta uji sobel test. Hasil penelitian menemukan bahwa strategi komunikasi pemasaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, strategi komunikasi pemasaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, dan kepuasan pelanggan memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Dari hasil uji sobel test diperoleh bahwa kepuasan pelanggan dapat memediasi pengaruh strategi komunikasi pemasaran terhadap loyalitas pelanggan pada Balai Besar Standardisasi dan Pelayanan Jasa Industri Hasil Perkebunan, Mineral Logam dan Maritim di kota Makassar.

Downloads

Published

2024-05-20