PENGARUH KOMUNIKASI PEMASARAN TERHADAP CITRA PERGURUAN TINGGI, MOTIVASI, SIKAP, DAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN MAHASISWA DALAM MEMILIH PERGURUAN TINGGI SWASTA DI SULAWESI SELATAN

Authors

  • Jamaluddin Sawaji

Abstract

Pengaruh Komunikasi Pemasaran Terhadap Citra Perguruan Tinggi, Motivasi, Sikap, Dan Pengambilan Keputusan Mahasiswa Dalam Memilih Perguruan Tinggi Swasta di Sulawesi Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh kelompok rujukan terhadap motivasi, sikap, dan pengambilan keputusan mahasiswa baik langsung maupun tidak langsung. Data yang digunakan adalah data primer yang dikumpulkan dari mahasiswa perguruan tinggi swasta terpilih menjadi sampel sebanyak 250 orang. Analisis dilakukan dimulai dengan pemeriksaan sifat-sifat pengukuran melalui analisis faktor konfirmatori, kemudian verifikasi model dengan menggunakan structural equation model (SEM) dan hasilnya dijustifikasi. Hasil peneltian menunjukkan bahwa  Komunikasi Pemasaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap citra perguruan tinggi dan pengambilan keputusan namun tidak signifikan terhadap motivasi, dan sikap. mahasiswa dalam memilih perguruan tinggi swasta di Sulawesi Selatan.

Kata kunci : Komunikasi Pemasaran, Citra, motivasi, sikap, dan pengambilan keputusan

Downloads

Published

2020-05-31