PERANAN HYGIENE DAN SANITASI UNTUK MENJAGA KUALITAS DAN CITRA DI FOUR SEASONS RESORT (SUNDARA KITCHEN) JIMBARAN BAY, BALI

Authors

  • I Gede Putra Nugraha

Keywords:

hygiene dan sanitasi, standar penerapan, dapur

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan penerapan hygiene dan sanitasi diSundara kitchen pada hotel Four Season Resort Jimabaran, Bali (2) Mendeskripsikan hal-hal apa saja yang mendukung dan menghambat penerapan sanitasi dan hygiene dalam pengelolaan makanan di Sundara kitchen hotel Four Season Resort Jimabaran, Bali. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang mengambil lokasi di hotel Four Season Resort Jimabaran, Bali. Subjek dalam penelitian ini staff dan executife di Sundara Restaurant. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode (1) observasi, (2) wawancara dan (3) dokumentasi.Menggunakan pedoman wawancara sebagai instrumen penelitian.Menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah pengaplikasian standar penerapan hygiene dan sanitasi di sundara kitchen pada hotel Four Seasons Resort at Jimbaran Bay, ternyata belum maksimal diterapkan dan elum mencapai sempurna oleh staff di kitchen. Padahal hygiene dan sanitasi sangat penting dalam pengolahan bahan makanan sehingga menimbulkan kepuasan terhadap tamu dan nama baik hotel. Upaya penerapan hygiene dan sanitasi yang dilakukan oleh excecutive sous chef pada karyawan kitchen sangatlah berperan penting dalam pengaplikasian standar penerapan hygiene dan sanitasi hotel.Menurut bapak Siana sebagai excecutive sous chef sekaligus narasumber informasi.Seorang executive sous chef dan juga dibantu chief stewerd memiliki tuas untuk kesuksesan dan terlaksananya aplikasi standar penerapan hygiene dan sanitasi di kitchen (food safety).Awal penerapan hygiene dan sanitasi sangat sulit diterapkan karena karyawan belum mengetahui betapa pentingnya hygiene dan sanitasi itu bagi perusahaan. Dengan memperhatikan penerapan hygiene dan sanitasi di areal kitchen secara baik dan benar dan juga knsisten akan memberikan kepuasan tersendiribagi tamu yang datang ke restoran, karena tamu merasa nyaman dan aman ketika hygiene dan sanitasi maupun SOP dalam hotel itu selalu diterapkan dan dijalankan dengan benar. Itu juga meminimalisir adanya complaint oleh tamu dan bisa membuat nama hotel menjadi lebih baik lagi.

Downloads

Published

2021-01-30