PERSEPSI WISATAWAN TERHADAP DAYA TARIK WISATA DI PULAU SAMALONA MAKASSAR

  • Nurdin Nurdin
  • Erna Cahyani

Abstract

Perkembangan sektor pariwisata sangat dipengaruhi oleh persepsi wisatawan, sehingga dalam mempertahankan produk pariwisata maka dipandang perlu untuk mengetahui keinginan dan kebutuhan wisatawan. Persepsi wisatawan yang berkunjung sangat penting untuk diketahui dalam memformulasikan strategi pemasaran suatu daya tarik wisata. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh signifikan mengenai persepsi wisatawan terhadap daya tarik wisata yang ada di pulau Samalona. Penelitian ini menggunakan teknik analisis statistik deskriptif yaitu mendeskripsikan atau menggambarkan data yang telah terkumpul dari suatu populasi.Statistik inferensial dilakukan untuk melihat seberapa besar pengaruh variabel X terhadap Y. Berdasarkan hasil analisis diperoleh nilai koefisien korelasi ( R ) sebesar 0,981. Nilai koefisien korelasi tersebut signifikan pada taraf signifikansi 0,05. Hal tersebut dapat dipertegas kembali dengan mengkonsultasikan dari r Product moment dengan jumlah subyek sebanyak 78, taraf interval kepercayaan 95 %, nilainya 0,396. Ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara persepsi dengan daya tarik wisata di Pulau Samalona. Sehingga hipotesis awal yang menyatakan bahwa terdapat hubungan yang positif antara persepsi dengan daya tarik wisata di pulau Samalona diterima

Published
Aug 4, 2020
How to Cite
NURDIN, Nurdin; CAHYANI, Erna. PERSEPSI WISATAWAN TERHADAP DAYA TARIK WISATA DI PULAU SAMALONA MAKASSAR. Jurnal Mallinosata, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 67-72, aug. 2020. Available at: <https://journal.unifa.ac.id/index.php/mallinosata/article/view/204>. Date accessed: 27 oct. 2021.