PENYUSUNAN PROGRAM PEMBUATAN PAKET WISATA SEBAGAI SUATU KEMASAN ATRAKSI WISATA PADA DUSUN KABO JAYA, DESA SWARGA BARA, KECAMATAN SANGATT

  • Rini Koen Iswandari
  • M. Fauzan Noor

Abstract

Dusun Kabo Jaya, mempunyai konsep pengembangan desa wisata alam dengan obyeknya yang terletak berbatasan yakni Taman Nasional Kutai dan agro, merupakan sarana Edukasi di bidang pertanian, perikanan, peternakan dan kehutanan, sehingga sangat menarik untuk melakukan beragam aktivitas Ekowisata. Penelitian ini bertujuan untuk memperkenalkan potensi Kepariwisataan dengan melakukan Identifikasi Potensi yang ada kemudian mengemas potensi tersebut menjadi satu kemasan atraksi wisata yang menarik bagi para wisatawan, sehingga menjadi satu bentuk paket wisata yang lengkap dan terinci baik dari segi harga, waktu, rencana detail kegiatan wisata dan fasilitas yang didapat.Penelitian ini merupakan penelitian Deskriptip Kualitatif dengan sumber data berasal dari Primer dan Sekunder. Metode Pengumpulan data dengan cara melakukan wawancara, observasi lapangan, FGD dan telaah dokumen/studi literature. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat mendeskripsikan potensi kepariwisataan pada dusun Kabo Jaya dan cara mengemas daya tarik wisata yang ada menjadi satu paket wisata yang layak dijual kepada wisatawan, dengan harapan agar dapat meningkatkan hasil pendapatan warga desa dan peningkatan Sumber Daya Manusia menjadi lebih berkualitas serta mampu meningkatkan kesejahteraan seluruh warga desanya dari dampak ekonomi yang dihasilkan dari potensi kepariwisataan yang dimiliki.

How to Cite
ISWANDARI, Rini Koen; NOOR, M. Fauzan. PENYUSUNAN PROGRAM PEMBUATAN PAKET WISATA SEBAGAI SUATU KEMASAN ATRAKSI WISATA PADA DUSUN KABO JAYA, DESA SWARGA BARA, KECAMATAN SANGATT. Jurnal Mallinosata, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 35-50, aug. 2020. Available at: <https://journal.unifa.ac.id/index.php/mallinosata/article/view/202>. Date accessed: 27 oct. 2021.