PENELITIAN KOMUNIKASI KRISIS DI AWAL PANDEMI COVID-19 DI INDONESIA: SEBUAH STUDI LITERATUR

Authors

  • Rahmita Saleh Universitas Fajar
  • Fitriana Universitas Fajar
  • Akbar Abu Thalib Universitas Fajar

Keywords:

komunikasi krisis, SCCT, manajemen isu, analisis isi, studi kasus

Abstract

Studi ini bertujuan untuk mengeksplorasi penelitian komunikasi krisis yang dilakukan di Indonesia pada awal penyebaran Covid-19 dari tinjauan teori dan metode penelitiannya. Metode yang digunakan adalah systematic literature review dengan sumber data berasal dari website Garuda (Garba Rujukan Digital). Jumlah penelitian yang ditemukan dan dikaji sebanyak lima yang seluruhnya diterbitkan tahun 2020. Hasil studi menunjukkan penelitian-penelitian komunikasi krisis di awal pandemi di Indonesia dilakukan pada instansi pemerintah pusat, kementerian pendidikan dan kebudayaan, pemerintah daerah Jawa Barat dan forum ekonomi kreatif Kabupaten Bandung Barat. Pendekatan teori yang digunakan didominasi oleh Situational Crisis Communication Theory (SCCT) yang digunakan pada empat penelitian dan Manajemen Isu yang digunakan pada satu penelitian. Metode penelitian yang digunakan beragam yaitu analisis teks media yang digunakan pada dua penelitian, studi kasus pada dua penelitian dan analisis wacana pada satu penelitian.

 

References

Alkomari. (2020). Analisis Komunikasi Krisis Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo Menghadapi Pandemi Covid-19. CoverAge: Journal of Strategic Communication Vol 11 No 1, 27-37.

Amanda. (2020). Strategi Public Relations Dalam Meningkatkan Citra Perusahaan. ADVis Journal of Advertising Vol 1 No 1, 125-135.

Aziz, M. S., & Wicaksono, M. A. (2020). Komunikasi Krisis Pemerintah Indonesia dalam Penanganan Covid-19. LIPI Masyarakat Indonesia Vol 46 No 2, 194-207.

Coombs, W. T. (2007). Protecting Organization Reputations During a Crisis: The Development and Application of Situational Crisis Communication Theory. Corporate Reputation Review Vol 10 No 3, 163-176.

Damaledo, Y. D. (2021, March 2). https://tirto.i. Retrieved from Tirto.id: https://tirto.id/2-maret-2020-kasus-corona-pertama-di-indonesia-diumumkan-tahun-lalu-gaKw

Eriksson, M. (2018). Lessons for Crisis Communication on Social Media: A Systematic Review of What Research Tells the Practice. International Journal of Strategic Communication Vol. 12 No.5, 526-551.

Eriyanto. (2011). Analisis Isi: Pengantar Metodologi Untuk Penelitian Ilmu Komunikasi dan Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana.

Fachruddin, Edison, Irhamdhika, G., & Junidar, I. (2020). Komunikasi Krisis Public Relations dalam Manajemen Isu Aduan Siswa Stress Saat Pandemi Covid-19 di Jakarta. Jurnal Syntax Admiration Vol 1 No 8, 1086-1098.

Hamad, I. (2007). Lebih Dekat dengan Analisis Wacana. Mediator Vol 8 No 2, 325-344.

Hariyanti, N. T., & Wirapraja, A. (2018). Pengaruh Influencer Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Digital Era Modern (Sebuah Studi Literatur). Jurnal Eksekutif Vol 15 No 1, 133-146.

Keuangan, K. (n.d.). Retrieved from https://pen.kemenkeu.go.id/in/page/sosialekonomiglobal

Kriyantono, R. (2010). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana.

Lemhanas. (2020, December). Pandemi Covid-19 Pengaruhi Geopolitik Dunia. Edisi 35, p. 9.

Masduki. (2014). Strategi Pemulihan Citra Partai Politik: Kasus Partai Demokrat. UNISIA Vol , 169-178.

Nahar, L. (2020). Komunikasi Krisis Pemerintah Indonesia Menghadapi Pandemi Covid-19. Jurnal Syntax Admiration Vol 5 No 1, 553-566.

Prayudi. (2016). Manajemen Isu & Krisis. Yogyakarta: LPPN UPN Veteran.

Venus, A., Octavianti, M., El Karimah, K., & Arifin, H. S. (2020). Komunikasi Krisis Forum Ekonomi Kreatif Kabupaten Bandung Barat Menghadapi Pandemi Covid-19. Jurnal Manajemen Komunikasi Vol 5 No 1, 117-134.

Wahyudin, Y., & Nur Rahayu, D. (2020). Analisis Metode Pengembangan Sistem Informasi Berbasis Website: A Literature Review. Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Infromasi dan Komunikasi Vol 15 No 3, 26-40.

Yona, S. (2006). Penyusunan Studi Kasus. Jurnal Keperawatan Indonesia Vol 10 No 2, 76-80.

Downloads

Published

2022-10-15