STRATEGI MEDIA RELATIONS PADA BIDANG KOMUNIKASI PT. PERSAUDARAAN SEPAKBOLA MAKASSAR (PSM)

Authors

  • Meisy Mersy Manggalatung Universitas Fajar
  • Akbar Abu Thalib Universitas Fajar

DOI:

https://doi.org/10.47354/jku.v14i2.350

Keywords:

PSM Makassar, strategi media relations, brand image

Abstract

  1. Persaudaraan Sepakbola Makassar (PSM) merupakan organisasi yang menaungi tim sepakbola PSM yang berbasis di Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia. PSM memasuki era baru sebagai klub profesional dan mandiri dibawah pimpinan CEO Munafri Arifuddin. PSM Makassar adalah salah satu tim terkuat Indonesia yang telah mewakili Indonesia dalam Liga Champion Asia. PSM Makassar melaksanakan kegiatan media relations untuk membangun brand image. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis secara deskriptif mengenai strategi media relations yang diterapkan untuk membangun brand image menggunakan pendekatan kualitatif dengan cara wawancara yang mendalam serta melakukan observasi berdasarkan data dan dokumentasi yang didapatkan dari media officer PSM Makassar. Hasil penelitian menjelaskan dua kategori strategi media relations yang bersifat langsung dan tidak langsung.  Hasil strategi bersifat langsung  dilakukan melalui kegiatan press release dan strategi media relations tidak langsung yakni press conference merupakan strategi paling efektif diterapkan oleh PSM Makassar. Perencanaan anggaran untuk pelaksanaan kegiatan media relations PSM Makassar. Faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan media relations PSM Makassar. Media Officer PSM juga telah melakukan peran dan fungsinya dalam upaya membangun brand image PSM Makassar

 

Downloads

Published

02-10-2021