STRATEGI MEDIA RELATIONS PADA BIDANG KOMUNIKASI PT. PERSAUDARAAN SEPAKBOLA MAKASSAR (PSM)

Authors

  • Meisy Mersy Manggalatung Universitas Fajar
  • Akbar Abu Akbar Abu Universitas Fajar

Keywords:

PSM Makassar, strategi media relations, brand image

Abstract

  1. P Persaudaraan Sepakbola Makassar (PSM) merupakan organisasi yang menaungi tim sepakbola PSM yang berbasis di Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia. PSM memasuki era baru sebagai klub profesional dan mandiri dibawah pimpinan CEO Munafri Arifuddin. PSM Makassar adalah salah satu tim terkuat Indonesia yang telah mewakili Indonesia dalam Liga Champion Asia. PSM Makassar melaksanakan kegiatan media relations untuk membangun brand image. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis secara deskriptif mengenai strategi media relations yang diterapkan untuk membangun brand image menggunakan pendekatan kualitatif dengan cara wawancara yang mendalam serta melakukan observasi berdasarkan data dan dokumentasi yang didapatkan dari media officer PSM Makassar. Hasil penelitian menjelaskan dua kategori strategi media relations yang bersifat langsung dan tidak langsung. Hasil strategi bersifat langsung dilakukan melalui kegiatan press release dan strategi media relations tidak langsung yakni press conference merupakan strategi paling efektif diterapkan oleh PSM Makassar. Perencanaan anggaran untuk pelaksanaan kegiatan media relations PSM Makassar. Faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan media relations PSM Makassar. Media Officer PSM juga telah melakukan peran dan fungsinya dalam upaya membangun brand image PSM Makassar.

References

Cangara, Hafied. 2019. Pengantar Ilmu Komunikasi. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.

Cangara, Hafied. 2016. Pengantar Ilmu Komunikasi. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.

Darmastuti, Rini. 2012. Media Relations-Konsep, Strategi, dan Aplikasi. Yogyakarta: Andi.

Ghony, M. Djunaidi dan Almanshur, Fauzan. 2012. Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Mukarom, Zainal dan Muhibudin Wijaya Laksana. 2015. Manajemen Public Relation (Paduan Efektif Pengelolahan Hubungan Masyarakat). Bandung: CV Pustaka Setia.

Iriantara, Yosal. 2005. Media Relations: Konsep, Pendekatan dan Praktik. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Iriantara, Yosal. 2010. Media Relations (konsep, pendekatan, dan praktik). Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Kuncoro, Mudrajad. 2006. Strategi Bagaimana Meraih Keunggulan Kompetitif. Jakarta: Erlangga.

Kriyantono, Rachmat.2008.PR Writing: Media Public Relation Membangun Citra Korporat.Jakarta: PT. Fajar Interpratama.

Maarif, Zainul. 2015. Logika Komunikasi.Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Nurjaman, Kadar dan Khaerul Umam.2012. Komunikasi dan Public Relations. Bandung: CV Pustaka Setia.

Nurhadi, Zikri Fachrul. 2017. Teori Komunikasi Kontemporer. Depok: KENCANA

Nurudin. 2008. Hubungan Media Konsep dan Aplikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Rohim, Syaiful. 2016. Teori Komunikasi: Perspektif, Ragam, dan Aplikasi. Jakarta: PT. RINEKA CIPTA

Ruliana, Poppy. 2014. Komunikasi Organisasi: Teori dan Studi Kasus. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Saputra, Wahidin dan Rully Nasrullah. 2014. Public Relations 2.0: Teori dan Praktik Public Relations di Era Cyber. Depok: Gramata Publishing.

Sondang, Siagian P. 2004. Managemen Strategi. Jakarta: Bumi Aksara.

Sopian. 2016. Public Relations Writing Konsep, Teori, Praktik. Jakarta: PT. Grasindo.

Sugiono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syadzwina, A. Widya. 2016. ”Peranan Public relations dan Media Officer dalam Organisasi Sepakbola Profesional.” dalam Sirajudin Hasby dan Ferry Triadi Sasono (Editor) Sepakbola 2.0.Yogyakarta: Fandom.

Syahputra, Iswandi. 2019. Media Relations: Teori, Strategi, Praktik, dan Media Intelejen. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.

Wardhani, Diah. 2008. Media Relations Sarana Membangun Reputasi Organisasi. Jogjakarta: Graha Ilmu.

Sumber lainnya:

Alim, Anneke Lawrencia. 2016. Strategi Media Relations Hotel Grand Darmo Suite Surabaya Dalam Mengelolah Publisitas di Media Massa.Universitas Kristen Petra Surabaya. (Online) http://publication.petra.ac.id/index.php/ilmu- komunikasi/article/view/4846 diakses tgl 11 Agustus 2020

Bodro, J. Setyo. 2016. Strategi Media Relations Dalam Memelihara “Citra Solo: The Spirit of Java”. Surakarta: IAIN Surakarta (Online) diakses tgl 11 Agustus 2020

Noviana, Nia. 2017. Strategi Media Relations Hotel Lorin Solo DalamMempertahankan Citra. (Online) diakses tgl 11 Agustus 2020

Afdallah, Fadlan Ramadan. 2017. Potret Kompetensi SDM Public Relations di Klub Sepakbola Indonesia. Jurnal Online di akses tgl 11 Agustus 2020 https://dspace.uii.ac.id/bitstream/handle/123456789/16770/978-602-51425-5-

%20-%20Chapter%203?sequence=4&isAllowed=y

https://psmmakassar.co.id/ diakses tgl 19 Oktober 2020

Downloads

Published

2022-10-15