ANALISIS SISA HASIL USAHA KOPERASI SIMPAN PINJAM BERKAT CABANG ANTANG MAKASSAR BEFORE AND MASA NEW NORMAL PANDEMI COVID-19

Authors

  • Nurbayani Universitas Fajar
  • Teri Universitas Fajar
  • Salmawati Universitas Fajar

Keywords:

Sisa Hasil Usaha, Koperasi Simpan Pinjam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Analisis Sisa Hasil Usaha Koperasi Simpan Pinjam Berkat Cabang Antang Makassar Befor and Masa New Normal Pandemi Covid-19. Penelitian ini bersifat kuantitatif dan jenis penelitian ini jika ditinjau dari tujuan dan sifatnya adalah studi deskriptif.

Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa; Berdasarkan metode analisis vertikal, neraca Koperasi Simpan Pinjam Berkat Cabang Antang Makassar Periode 30 Juni 2019 - 30 Juni 2020 menunjukkan hasil yang kurang baik. Aset-aset koperasi setiap tahunnya berfluktuasi, begitupun pada modal sendiri. Pada utang jangka panjangnya mengalami penurunan, yang berarti bahwa koperasi sudah mampu membayarkan utangnya dan sudah tidak lagi bergantung pada utang jangka panjang dalam menutupi kerugiannya. Kemudian, pada laporan sisa hasil usaha juga menunjukkan trend yang tidak baik. Dimana, setiap tahunnya sisa hasil usaha yang diperoleh koperasi mengalami penurunan.

Downloads

Published

2022-04-12

Issue

Section

Articles