ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MENGGUNAKAN JASA TRANSPORTASI ONLINE DI YOGYAKARTA (Studi kasus penumpang Grab-Bike)

Main Article Content

Andar Sri Sumantri
Badarudin Kau
Dhanan Abimanto

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh harga, kualitas layanan dan brand image terhadap keputusan menggunakan Grab-bike. Sampel pada penelitian ini berjumlah 97 responden penumpang Grab-bike, dengan menggunakan teknik nonprobality sampling yaitu dengan sampling incidental Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis kuantitatif, data dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan (software) Statistic Package For Social Science (SPSS) versi 26. Hasil penelitian dengan pengujian hipotesis uji-t secara parsial menunjukkan bahwa harga, kualitas pelayanan dan brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan penumpang. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa model penelitian dari persamaan regresi linier berganda adalah Y= 1.204 + 0,225X1 + 0,294X2 + 0,167X3 + µ. Dari persamaan regresi tersebut dapat diketahui bahwa variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap peningkatan jumlah penumpang adalah variabel kualitas pelayanan dengan koefisien regresi 0,294. Dan uji R2 (Adjusted R Square) didapatkan hasil sebesar 0,635 atau sebesar 63,5% yang berarti bahwa keputusan menggunakan dipengaruhi oleh variabel harga, kualitas pelayanan, brand image yakni sebesar 63,5% dan faktor lain yang mempengaruhi keputusan menggunakan sebesar 36,5% atau 0,365


 


Kata kunci : Harga, Kualitas Layanan, Brand Image dan    Keputusan Menggunakan


 

Article Details

Section
Articles