PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KEMUDAHAN PEMBELIAN TIKET MENGGUNAKAN APLIKASI, TARIF DAN KEAMANAN TERHADAP KEPUTUSAN PENUMPANG DALAM MEMILIH ANGKUTAN TRANSPORTASI LAUT (Studi Kasus Pada KM. Lawit Rute Semarang-Pontianak)

Main Article Content

Retno Mulatsih
Eki Muhammad Zafar
Sulistyowati Sulistyowati

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh kualitas pelayanan, kemudahan pembelian tiket menggunakan aplikasi, tarif dan keamanan terhadap keputusan penumpang KM. Lawit pada rute Semarang-Pontianak. Sampel pada penelitian ini berjumlah 95 responden penumpang KM. Lawit, dengan menggunakan teknik nonprobality sampling yaitu dengan sampling kuota. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis kuantitatif, data dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan (software) Statistic Package For Social Science (SPSS) versi 26. Hasil penelitian dengan pengujian hipotesis uji-t secara parsial menunjukkan bahwa kualitas pelayanan, kemuduhan pembelian tiket menggunakan aplikasi, tarif dan keamanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan penumpang. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa model penelitian dari persamaan regresi linier berganda adalah Y= -1.624 + 0,177 X1 + 0,289 X2 + 0,242 X3 + 0,294 X4 + µ. Dari persamaan regresi tersebut dapat diketahui bahwa variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap peningkatan jumlah penumpang adalah variabel keamanan dengan koefisien regresi 0,294.


Kata kunci : Kualitas Pelayanan, Kemudahan Pembelian Tiket Menggunakan Aplikasi, Tarif, Keamanan Dan Keputusan Penumpang.

Article Details

Section
Articles