PENGARUH STRATEGI CONTENT PADA E-COMMERCE SHOPEE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MASYARAKAT DI KOTA MAKASSAR

  • Aminuddin Hamdat Institut Bisnis dan Keuangan Nitro
  • Dini Oktaviani Program Studi Manajemen Universitas Fajar
  • Karina Widyana Nalle Program Studi Manajemen Universitas Fajar

Abstract

Abstract


This study discusses and to determine the effect of content strategy one-commerce shopee on the purchasing decisions of the Makassar city community. This research was conducted in Makassar city with a population and a random sample of e-commerce shopee users, totaling 50 people with different ages and occupations (. Accidental Sampling). Analysis of the data used is descriptive analysis and calcic assumption test to describe the variables in the study and provide certainty that the regression equation obtained has accuracy in estimation, unbiased and consistent, while to analyze quantitative data using the Simple Regression Analysis tool.  The results of the study are known to be insignificant, meaning that the data collected failed to prove the relationship between the Content (X) and Purchase Decision (Y) strategies, and that does not mean that the independent variable X does not affect the dependent variable Y completely, but the sample data does not succeeded in proving the relationship or the independent variable (the independent variable) under study was inappropriate or the lack of supporters of the independent variable.


 


Keywords: Content Strategy, Purchasing Decisions, Shopee.


 


Abstrak


Penelitian ini membahas dan untuk mengetahui pengaruh strategi content pada e-comemerce shopee terhadap keputusan pembelian masyarakat kota makassar. Penelitian ini di laksanakan di kota Makassar denagan populasi dan sampel masyarakat pengguna e-commerce shopee secara acak yang berjumlah 50 orang dengan berbagai usia dan pekerjaan yang berbeda(.Accidental Sampling). Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan uji asumsi kalsik untuk mendeskripsikan variable-variabel dalam penelitian dan memberikan kepastian bahwa persamaan regresi yang didapatkan memiliki ketepatan dalam estimasi, tidak bias dan konsisten, sedangkan untuk menganalisis data kuantitatif menggunakan alat Analisis Regresi Sederhana. Hasil penelitian tersebut diketahui hasilnya tidak signifikan, maka artinya adalah data yang dikumpulkan tidak berhasil membuktikan keterkaitan antara strategi Content (X) dan Keputusan Pembelian (Y), dan bukan berarti variabel independen X tidak berpengaruh terhadap variabel dependen Y secara sepenuhnya, melainkan data sampel tidak berhasil membuktikan hubungan tersebut atau variabel independen (variabel bebas) yang diteliti kurang tepat atau kurangnya pendukung dari variabel bebas tersebut.


 


Kata kunci : Strategi Content, Keputusan Pembelian ,Shopee

Published
Nov 30, 2020
How to Cite
HAMDAT, Aminuddin; OKTAVIANI, Dini; NALLE, Karina Widyana. PENGARUH STRATEGI CONTENT PADA E-COMMERCE SHOPEE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MASYARAKAT DI KOTA MAKASSAR. MANOR: JURNAL Manajemen dan Organisasi Review, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 106-113, nov. 2020. ISSN 2716-148X. Available at: <https://journal.unifa.ac.id/index.php/manor/article/view/244>. Date accessed: 27 oct. 2021.