PENGARUH LITERASI KEUANGAN DAN KUALITAS PEMBELAJARAN KEUANGAN TERHADAP PENGGUNAAN FINTECH MAHASISWA MANAJEMEN DAN AKUNTANSI UNIVERSITAS FAJAR

  • Muhammad Saleh Universitas Muslim Indonesia
  • Fatima Sari F Program Studi Manajemen Universitas Fajar

Abstract

Abstract


 


This study aims to determine and analyze the effect of financial literacy and the quality of financial learning on the use of fintech. The subjects in this study were students who had programmed financial management and used fintech, totaling 60 people who were determined by purposive sampling. Data were collected using a Likert scale questionnaire method. Test requirements analysis using the normality test, multicollinearity test and heterokedacity test. The analytical method used is multiple regression analysis. The results of this study indicate that: (1) financial literacy has a significant effect on the use of fintech with a significance value of 0.030 < 0.05 (2) The quality of financial learning influences the use of fintech with a significance value of 0.007 < 0.05 (3) financial literacy and the quality of financial learning has a significant effect on the use of fintech with a significance value of 0,000 < 0.05. The contribution value given from the independent variable to the dependent variable is 29.1%.


 


Keywords: financial literacy, quality of financial learning, use of fintech


 


Abstrak


 


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh literasi keuangan dan kualitas pembelajaran keuangan terhadap penggunaan fintech. Subyek dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang sudah memprogramkan manajemen keuangan dan menggunakan fintech, berjumlah total 60 orang yang ditetapkan secara purposive sampling. Data dikumpulkan denga metode pembagian kuesioner dengan skala likert. Uji persyaratan analisis menggunakan uji normalitas, uji multikolinearitas dan uji heterokedasitas. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) literasi keuangan berpengaruh signifikan terhadap penggunaan fintech dengan nilai signifikansi sebesar 0,030 < 0,05 (2) Kualitas pembelajaran keuangan berpengaruh terhadap penggunaan fintech dengan nilai signifikansi sebesar 0,007 < 0,05 (3) literasi keuangan dan kualitas pembelajaran keuangan berpengaruh secara signifikan terhadap penggunaaan fintech dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Nilai kontribusi yang diberikan dari variabel bebas ke variabel terikat sebesar 29,1%.


 


Kata kunci : literasi keuangan, kualitas pembelajaran keuangan, penggunaan fintech.


 

Published
Nov 30, 2020
How to Cite
SALEH, Muhammad; F, Fatima Sari. PENGARUH LITERASI KEUANGAN DAN KUALITAS PEMBELAJARAN KEUANGAN TERHADAP PENGGUNAAN FINTECH MAHASISWA MANAJEMEN DAN AKUNTANSI UNIVERSITAS FAJAR. MANOR: JURNAL Manajemen dan Organisasi Review, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 94-105, nov. 2020. ISSN 2716-148X. Available at: <https://journal.unifa.ac.id/index.php/manor/article/view/243>. Date accessed: 27 oct. 2021.