STRATEGI HUMAS DALAM MEMPERTAHANKAN CITRA UNIVERSITAS FAJAR
Keywords:
strategi humas, mempertahankan citra, Universitas FajarAbstract
Penelitian ini membahas tentang strategi humas dalam mempertahankan citra lembaga. Penelitian
ini dilatarbelakangi oleh persaingan yang ketat pada lembaga pendidikan perguruan tinggi,
mendorong lembaga untuk memperkuat citranya agar dapat bertahan dan berkembang. Penerapan
teori dan konsep dalam penelitian ini meliputi teori Two Way Symmetrical Grunig & Hunt, konsep
perencanaan strategi public relation dan bauran public relations. Penelitian ini menggunakan
metode deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara mendalam,
studi pustaka dan dokumentasi, serta pengecekan validitas temuan menggunakan triangulasi
sumber. Humas Universitas Fajar menggunakan strategi berdasarkan konsep Ardianto diantaranya
fact finding, planning, communication dan evaluation.
References
Ardianto, Alvinaro. 2011. Handbook Of Public Relations. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Ardianto, Elvinaro dan Soemirat, Saleh. 2015. Dasar-Dasar Public Relations. Bandung: PT.
Remaja Rosdakarya.
Assumpta, Sr Maria Rumanti. 2002. Dasar-Dasar Public Relations: Teori dan. Praktik. Jakarta :
PT Grasindo.
Cutlip, Scoot M., Allen H. Center, dan Glen M. Broom. 2011. Ef ective Public. Relations, Edisi
Kesembilan. Jakarta: Kencana.
David, Fred, R. 2011. Strategic Management, Edisi 12. Jakarta: Salemba Empat.
Effendy, Onong Uchjana. 2011. Ilmu, teori dan filsafat komunikasi. Bandung: PT. Remaja
Rosdakarya.
--------------------------------------. 2003. Ilmu Komunikasi: Teori dan Prakteknya. Bandung: PT. Citra
Aditya Bakti.
Gassing, Syarifuddin S. dan Suryanto. 2016. Public Relations. Yogyakarta: CV. Andi.
Jefkins, Frank dan Yadin, Daniel. 2004. Public Relations. Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga.
-------------------------------------------------. 2003. Public Relations. Jakarta: Erlangga.
Koentjaraningrat. 2015. Pengantar Ilmu Antropologi. Solo: Rineka Cipta.
Kusumastuti, Frida. 2004. Dasar-dasar Hubungan Masyarakat. Bogor: Ghalia Indonesia.
Moleong, Lexy J. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mukarom, Zainal. dan Laksana, Muhibuddin Wijaya. 2019. Manajemen Public Relations: Panduan
Efektif Pengelolaan Hubungan Masyarakat. Bandung: CV. Pustaka Setia.
Nasution, Zulkarnain. (2010). Manajemen Humas di Lembaga Pendidikan. Malang: Universitas
Muhammadiyah Malang Press.
Nova, Firsan. 2011. Crisis Public Relations. Jakarta: Rajawali Press.
Nurman, Kadar. dan Khaerul Umam. 2012. Komunikasi & Public Relations. Bandung: CV. Pustaka
Setia.
Ruslan, Rosady. 2016. Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.
--------------------------. 2014. Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi. Jakarta: PT
Rajagrafindo Persada.
--------------------------. 2010. Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi. Jakarta:
Rajawali Pers.
Soemirat, Soleh. dan Ardianto, Elvinaro. 2010. Dasar-dasar Public Relations. Bandung: PT.
Remaja Rosdakarya.
---------------------------------------------------------------. 2007, Dasar-Dasar Public Relations.
Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
---------------------------------------------------------------. 2004. Dasar-dasar Public Relations.
Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.
Bandung: Alfabeta.
Suryanto. 2017. Pengantar Ilmu Komunikasi. Bandung. CV. Pustaka Setia.