ANALISIS KOMUNIKASI PENDIDIKAN PADA PENGEMBANGAN KONTEN PEMBELAJARAN SMART SCHOOL DINAS PENDIDIKAN PROVINSI SULAWESI SELATAN
Keywords:
komunikasi pendidikan, Smart School, pembelajaran hybrid, Sulawesi SelatanAbstract
Komunikasi pendidikan menjadi salah satu aspek komunikasi pada dunia pendidikan. Smart School
merupakan salah bentuk komunikasi pendidikan yang merupakan inovasi sistem pembelajaran
hybrid di Provinsi Sulawesi Selatan dengan slogan Satu Standar, Satu Guru, dan Satu Sulsel.
Program ini memiliki tujuan menyeragamkan kualitas pendidikan yang diterima oleh peserta didik
di tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) di Provinsi Sulawesi Selatan. Smart School
menggunakan pendekatan digital berbasis aplikasi yang memudahkan peserta didik belajar
dimana saja serta kapan saja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk komunikasi
pendidikan pada pengembangan konten pembelajaran Smart School yang dikelola oleh Dinas
Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa Smart School Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan telah
mengimplementasikan komunikasi pendidikan melalui tiga bentuk konten pembelajaran yaitu
modul, live streaming, dan video. Penelitian ini menemukan bahwa dalam pengembangan konten
pembelajaran, guru perlu memperhatikan aspek relevansi dalam pemilihan materi pembelajaran di
setiap bentuk serta menggabungkan elemen-elemen informasi yang relevan untuk membentuk
pesan sehingga memudahkan konten untuk diakses dan dipahami oleh peserta didik melalui materi
pembelajaran yang disajikan.
References
Agustiningsih. (2013). “Video” Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Dalam Rangka Mendukung
Keberhasilan Penerapan Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar Agustiningsih 8. 4, 55–68.
Ali, M. dan H. F. (2021). Transformasi dan Digitalisasi Pendidikan Dimasa Pandemi. Prosiding
Seminar Nasional Pendidikan, 121–127.
Atmaja, S., & Dewi, R. (2018). Komunikasi Organisasi (Suatu Tinjauan Teoritis Dan Praktis).
Inter Komunika : Jurnal Komunikasi, 3(2), 192. https://doi.org/10.33376/ik.v3i2.234
Azis, T. N. (2019). Strategi pembelajaran era digital. Annual Conference on Islamic Education and
Social Sains (ACIEDSS 2019), 1(2), 308–318.
Danuri, M. (2019). Development and transformation of digital technology. Infokam, XV(II),
–123.
Hariyanto, D. (2021). Buku Ajar Pengantar Ilmu Komunikasi Penulis : Didik Hariyanto Diterbitkan
oleh Jl . Mojopahit 666 B Sidoarjo ISBN : 978-623-6081-32-7 Copyright © 2021 . Authors All
Irawatie, A., Iswahyuni, Anagusti, T. T., & Afriani, H. F. (2021). Analisis Konten Pembelajaran
Mata Kuliah Wajib Universitas Berbasis Karakter Bela Negara. Jurnal IKRA-ITH Humaniora,
Vol. 5(No. 1 maret), 128–139.
Komang, N., Witari, T., Sugihartini, N., Bagus, I., & Pascima, N. (2022). Pengembangan Konten
Pembelajaran Interaktif Menggunakan Articulate Storyline 3 Berbasis Discovery Learning Pada Mata Pelajaran Komunikasi Keperawatan. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), 11(3), 278–289.
Liliyafi, O. dan D. S. (2018). Joyful Learning Journal. Unnes.Ac.Id, 7(3), 29–38
https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jlj/article/view/23230
Marini, Y., Marina, N., Nasution, M. M., Lubis Arafat, M., & Suriani, I. (2021). Aplikasi Ruang
Guru Untuk Pembelajaran Di Era Covid-19. Dirasatul Ibtidaiyah, 1(2), 198–214.
Naway, F. A. (2017). Komunikasi dan Organisasi Pendidikan. In Gorontalo: Ideas Publishing.
https://repository.ung.ac.id/get/kms/15711/komunikasi-dan-organisasi-pendidikan.pdf
Pane, D. N., Ahmad, R., & Fikri, M. El. (2019). Peran Media Sosial Instagram Dalam
Interaksi Sosial Antar Siswa Sma Negeri 2 Binjai (Studi Pada Jurusan Ips Angkatan 2016).
Jurnal Manajemen Tools, 11(1), 35–44. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004