FENOMENA TIKTOK SHOP SEBAGAI ALTERNATIF BELANJA MODERN

Authors

  • Mariesa Giswandhani Universitas Fajar
  • Amalia Zul Hilmi Universitas Fajar

Keywords:

Tiktok shop, konsumerisme, aplikasi belanja modern, hiperrealitas

Abstract

Live TikTok Shop merupakan produk nyata perkembangan media sosial yang mencerminkan simbol
konsumerisme. Dengan frekuensi siaran yang berlebihan, menimbulkan budaya hiperrealitas.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologis.
Dari hasil penelitian ditemukan bahwa media sosial TikTok khususnya Live TikTok Shop
merupakan kenyataan yang dilebih-lebihkan. Dan wujud hiperrealitas pada fenomena Live TikTok
Shop terlihat dari gaya komunikasi persuasif host Live TikTok Shop hingga menimbulkan kesan
berlebihan.

References

Dwiastono, Rivan. (2022). Berjualan Lewat Live Streaming TikTok-Apakah Ini Masa Depan

Online Shopping?.

(https://www.voaindonesia.com/a/berjualan-lewat-live-streaming-tiktok-apakah-ini-masa-depan

-online-shopping-/6737682.html)

Giyanto, A. (2020). Kelas Menengah Progresif. Pandiva Buku.

Madhona, R. H. (2022). Representasi Emosional Joker Sebagai Korban kekerasan

Dalam Film Joker 2019 (Analisis Semiotika Ferdinand De Saussure). Soetomo Communication

And Humanities, 3(1), 1-13.

Maharani, R., Rahmawati, U., & Sari, D. (2022). HIPERREALITAS PENGGUNA TIKTOK. Jurnal

Komunikasi Dan Budaya, 3(1), 1-11.

Muchtar, R. M. (2022). PERSEPSI MAHASISWA UNSAP SUMEDANG MENGENAI

PERINGATAN SERAM YANG TERDAPAT PADA SETIAP KEMASAN ROKOK (Doctoral

dissertation, FISIP UNPAS).

Mulyana, A. (2022). Gaya Hidup Metroseksual: Perspektif Komunikatif. Bumi Aksara.

Park, J. S., Popowski, L., Cai, C., Morris, M. R., Liang, P., & Bernstein, M. S. (2022, October).

Social Simulacra: Creating Populated Prototypes for Social Computing Systems. In

Proceedings of the 35th Annual ACM Symposium on User Interface Software and Technology

(pp. 1-18).

Patria, R. (2022). Studi Fenomenologi: Teori Humanistic dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan

Sosial. Progressive of Cognitive and Ability, 1(1), 1-9.

Siswadi, G. A. (2022). HIPERREALITAS DI MEDIA SOSIAL DALAM PERSPEKTIF SIMULAKRA JEAN BAUDRILLARD. Dharmasmrti: Jurnal Ilmu Agama dan Kebudayaan, 22(1), 9-18.

Srinarwati, D. R. (2022). Proses simulasi-simulakra-hiperealitas dalam majelis taklim jn Surabaya.

Jurnal Komunikasi Profesional, 6(5), 503-515.

Sugianta, I. K. A. (2022). Pengaruh Teknologi Zaman Modern Atas Pembentukan Konkret

Kehidupan Manusia Dalam Perspektif Filsafat Ilmu. Genta Hredaya: Media Informasi Ilmiah

Jurusan Brahma Widya STAHN Mpu Kuturan Singaraja, 5(2), 105-113.

Sulistianti, R. A., & Sugiarta, N. (2022). Konstruksi Sosial Konsumen Online Shop Di Media

Sosial Tiktok (Studi Fenomenologi Tentang Konstruksi Sosial Konsumen Generasi Z Pada

Online Shop Smilegoddess Di Media Sosial Tiktok). JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan),

(1).

Trijayanti, A. (2023). Pengaruh Net Generation Terhadap Interaksi Sosial Pada Pelajar Sma Negeri

I Kota Sukabumi. Jurnalika: Jurnal Ilmu Komunikasi, 7(1), 32-54.

Yupi, Y., & Putri, A. H. (2023). Analisis Konten Strategi Komunikasi Pemasaran Pada Aplikasi

Tiktok. Komversal: Jurnal Komunikasi Universal, 5(1), 70-92.

Downloads

Published

2024-06-04