FENOMENA TIKTOK SHOP SEBAGAI ALTERNATIF BELANJA MODERN
Keywords:
Tiktok shop, konsumerisme, aplikasi belanja modern, hiperrealitasAbstract
Live TikTok Shop merupakan produk nyata perkembangan media sosial yang mencerminkan simbol
konsumerisme. Dengan frekuensi siaran yang berlebihan, menimbulkan budaya hiperrealitas.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologis.
Dari hasil penelitian ditemukan bahwa media sosial TikTok khususnya Live TikTok Shop
merupakan kenyataan yang dilebih-lebihkan. Dan wujud hiperrealitas pada fenomena Live TikTok
Shop terlihat dari gaya komunikasi persuasif host Live TikTok Shop hingga menimbulkan kesan
berlebihan.
References
Dwiastono, Rivan. (2022). Berjualan Lewat Live Streaming TikTok-Apakah Ini Masa Depan
Online Shopping?.
(https://www.voaindonesia.com/a/berjualan-lewat-live-streaming-tiktok-apakah-ini-masa-depan
-online-shopping-/6737682.html)
Giyanto, A. (2020). Kelas Menengah Progresif. Pandiva Buku.
Madhona, R. H. (2022). Representasi Emosional Joker Sebagai Korban kekerasan
Dalam Film Joker 2019 (Analisis Semiotika Ferdinand De Saussure). Soetomo Communication
And Humanities, 3(1), 1-13.
Maharani, R., Rahmawati, U., & Sari, D. (2022). HIPERREALITAS PENGGUNA TIKTOK. Jurnal
Komunikasi Dan Budaya, 3(1), 1-11.
Muchtar, R. M. (2022). PERSEPSI MAHASISWA UNSAP SUMEDANG MENGENAI
PERINGATAN SERAM YANG TERDAPAT PADA SETIAP KEMASAN ROKOK (Doctoral
dissertation, FISIP UNPAS).
Mulyana, A. (2022). Gaya Hidup Metroseksual: Perspektif Komunikatif. Bumi Aksara.
Park, J. S., Popowski, L., Cai, C., Morris, M. R., Liang, P., & Bernstein, M. S. (2022, October).
Social Simulacra: Creating Populated Prototypes for Social Computing Systems. In
Proceedings of the 35th Annual ACM Symposium on User Interface Software and Technology
(pp. 1-18).
Patria, R. (2022). Studi Fenomenologi: Teori Humanistic dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan
Sosial. Progressive of Cognitive and Ability, 1(1), 1-9.
Siswadi, G. A. (2022). HIPERREALITAS DI MEDIA SOSIAL DALAM PERSPEKTIF SIMULAKRA JEAN BAUDRILLARD. Dharmasmrti: Jurnal Ilmu Agama dan Kebudayaan, 22(1), 9-18.
Srinarwati, D. R. (2022). Proses simulasi-simulakra-hiperealitas dalam majelis taklim jn Surabaya.
Jurnal Komunikasi Profesional, 6(5), 503-515.
Sugianta, I. K. A. (2022). Pengaruh Teknologi Zaman Modern Atas Pembentukan Konkret
Kehidupan Manusia Dalam Perspektif Filsafat Ilmu. Genta Hredaya: Media Informasi Ilmiah
Jurusan Brahma Widya STAHN Mpu Kuturan Singaraja, 5(2), 105-113.
Sulistianti, R. A., & Sugiarta, N. (2022). Konstruksi Sosial Konsumen Online Shop Di Media
Sosial Tiktok (Studi Fenomenologi Tentang Konstruksi Sosial Konsumen Generasi Z Pada
Online Shop Smilegoddess Di Media Sosial Tiktok). JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan),
(1).
Trijayanti, A. (2023). Pengaruh Net Generation Terhadap Interaksi Sosial Pada Pelajar Sma Negeri
I Kota Sukabumi. Jurnalika: Jurnal Ilmu Komunikasi, 7(1), 32-54.
Yupi, Y., & Putri, A. H. (2023). Analisis Konten Strategi Komunikasi Pemasaran Pada Aplikasi
Tiktok. Komversal: Jurnal Komunikasi Universal, 5(1), 70-92.