PRODUKSI KONTEN VIDEO PADA MEDIA SOSIAL HUMAS PEMERINTAH PROVINSI SULAWESI SELATAN
Keywords:
produksi konten, video, humas, media sosialAbstract
Konten video humas merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh Humas Pemerintah Provinsi
Sulawesi Selatan (Humas Pemprov Sulsel) dalam mengemas sebuah informasi terkait kegiatan
harian pimpinan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses produksi konten video kegiatan
yang tayang pada media sosial Humas Pemprov Sulsel. Dalam penelitian ini digunakan
pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan
observasi terhadap tim produksi konten video Humas Pemprov Sulsel. Hasil penelitian menyatakan
bahwa Humas Pemprov Sulsel melakukan produksi konten video dengan mengacu pada 3 tahap,
yaitu praproduksi pembahasan dan penentuan konsep konten melalui rapat. Tahap produksi,
pengambilan gambar, pembuatan narasi teks, caption dan dubbing voice over; dan terakhir,
pascaproduksi pengeditan gambar, penyuntingan suara, revisi dan proses pengunggahan video ke
media sosial humas Pemprov Sulsel. Konten yang dibuat merupakan video dari kegiatan harian
gubernur sehingga diharuskan untuk cepat tayang karena sifatnya aktual. Penelitian ini
menyimpulkan bahwa Humas Pemprov Sulsel dalam memproduksi konten video memiliki tahapan
perencanaan, strategi dan prosedur dalam manajemen produksi.
References
Ikhwan, M. (2022). Manajemen Media Kontemporer: Mengelola Media Cetak, Penyiaran, dan
Digital (1st ed.).Prenada Media.
https://www.google.co.id/books/edition/Manajemen_Media_Kontemporer/zaVjEAAAQBAJ?hl
=id&gbpv=1&dq=Manajemen+Produksi+konten+adalah&pg=PA296&printsec=frontcover
Kementerian Komunikasi dan Informatika,. (2018). Memaksimalkan Penggunaan Media Sosial
dalam Lembaga Pemerintah. Retrieved April 24, 2021, from indonesiabaik.id
website:https://indonesiabaik.id/ebook/memaksimalkan-penggunaan-media-sosial-dalam-lemba
ga-pemerintah
Latief, R., & Utud, Y. (2015). Siaran Televisi Nondrama Kreatif, Produktif, Public Relations, dan
Iklan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Mabruri KN, A. (2018). Panduan Produksi Acara TV Non-Drama. Gramedia Widiasarana
Indonesia.
Mochtar, K. (2022). Manajemen Produksi Konstruksi Indonesia. Uwais Inspirasi
Indonesia.https://www.google.co.id/books/edition/MANAJEMEN_PRODUKSI_KONSTRUK
SI_INDONESIA/xmdoEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=teori manajemen
produksi&pg=PA18&printsec=frontcover&authuser=0
Morissan, M. A. (2018). Manajemen Media Penyiaran: Strategi Mengelola Radio & Televisi
(Revisi). Prenada Media.
Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019, August 7). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI
MEDIA PROMOSI. Jurnal Common, 3(1), 71–80. https://doi.org/10.34010/common.v3i1.190
Susanto, E. H. (2017, September 21). MEDIA SOSIAL SEBAGAI PENDUKUNG JARINGAN
KOMUNIKASI POLITIK. Jurnal ASPIKOM, 3(3), 379.
https://doi.org/10.24329/aspikom.v3i3.123
Yusup, M., Aini, Q., & Pertiwi, K. D. (2016, December 2). Media Audio Visual Menggunakan
Videoscribe Sebagai Penyajian Informasi Pembelajaran Pada Kelas Sistem Operasi.
Technomedia Journal, 1(1), 126–138. https://doi.org/10.33050/tmj.v1i1.8
-di-indonesia/