STRATEGI PROMOSI WEDDING PACKAGES ASTON MAKASSAR HOTEL & CONVENTION CENTER
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi promosi wedding package Aston Makassar Hotel
& Convention Center dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data yang dikumpulkan
berupa data primer yaitu dengan melakukan wawancara secara langsung dengan marketing and
communication manager dan sales banquet Aston Makassar Hotel dan data sekunder berupa
dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data bahwa terjadi peningkatan jumlah
wedding event Aston Makassar Hotel & Convention Center pada tahun 2021 sebesar 64, 86%
setelah menggunakan lima strategi promosi yaitu advertising, sales promotion, personal selling,
public relation, dan direct marketing. Strategi promosi yang paling berpengaruh adalah
advertising yang dilakukan melalui sosial media terutama media sosial Instagram dan personal
selling melalui tatap muka langsung dengan customer sehingga proses promosi berjalan efektif.
References
Bintariani, Ni Made., Astawa, I Putu., Darlina Lien. (2018). Promotion Strategy Wedding
Packagae (A Case Study At Karma Kandara Resorts Bali). Journal of Applied Sciences in
Travel and Hospitality, 1:169-177.
Faradilla, Dwi. (2021). Strategi Komunikasi Pemasaran Garuda Plaza Hotel dalam Meningkatkan
Minat Pengunjung Hotel di Masa Pandemi Covid-19. Medan: Program Studi Ilmu Komunikasi
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.
Fitriah, Maria (2018). Komunikasi Pemasaran Melalui Desain Visual, Yogyakarta: Deepublish
Musyari, Naufal Alif. Dan Putri Yuliani Rachma. (2021). Strategi Komunikasi pemasaran Hotel
dalam Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pada Hotel Bumi Wiyata Depok). E-Proceding of
Management, 2:2034-2044
Nurhalizah. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran Hotel Claro dalam Meningkatkan Okupansi di
Masa Pandemi Covid-19. Makassar: Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ekonomi dan
Ilmu Sosial Universitas Fajar.
Rahmawati, Rifa. (2018). Strategi Promosi Hotel Obelix di Kota Palangka Raya. Palangka Raya:
Program Studi Ekonomi Syari’ah Jurusan Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya.
Sukoco, Sampir Andrea. (2019). New Komunikasi Pemasaran Teori dan Aplikasinya. Jawa Timur:
CV. Pustaka Abadi.
Yupipuranto, Immanuae Hobby. (2019). Pengaruh Promosi Harga dan Kualitas Layanan pada
Loyalitas Konsumen dengan dimediasi oleh Kepuasan Konsumen. Yogyakarta: Program Studi
Manajemen Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Sanata Dharma.