STRATEGI MANAJEMEN PENYIARAN RADIO SMART FM MAKASSAR DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSINYA

Authors

  • Muhammad Adnan S Universitas Fajar
  • Mariesa Giswandhani Universitas Fajar

DOI:

https://doi.org/10.47354/jku.v15i2.446

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitan ini adalah untuk mengetahui strategi manajemen penyiaran radio
Smart FM Makassar dalam mempertahankan eksistensinya. Metode penelitian yang digunakan
adalah kualitatif. Sumber data primer berupa observasi dan wawancara dengan tiga infroman
yaitu manager stasion, head program (produser) dan penyiar sedangkan sumber data sekunder
berupa dokumen informan dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan
penerapan teori Susan Tyler Eastman, strategi yang diterapkan radio Smart FM Makassar sudah
maksimal. Beberapa strategi yang diterapkan yaitu strategi kesesuaian (compatibilty) penjadwalan
program, tipe program, dan pelaksanaan siaran; habit formation (membentuk kebiasaan) yaitu
strategi pembentukan kebiasaan yaitu memilih dan merencanakan program yang tepat dapat
membentuk kebiasaan mendengar bagi audiens, penyajian acara secara teratur dan terjadwal
untuk tetap setia pada program pilihan audiens; control of audience flow (kontrol arus pendengar)
untuk meningkatkan jumlah pendengar dan mencegah pindah ke saluran lain; conservation
program resources (penyimpan sumber-sumber program) yang bertujuan untuk melindungi sumber
daya program sehingga dapat disimpan dan digunakan kembali jika diperlukan pada suatu saat;
dan mass appeal (daya penarik massa) yaitu daya tarik penarik massa dan daya tarik media

Downloads

Published

2022-10-31