ANALISIS SEMIOTIKA LAGU RANCANG RENCANA PADA ALBUM MANTRA-MANTRA KARYA KUNTO AJI

Authors

  • Muhammad Nurcholis Universitas Fajar
  • Nur Alim Djalil Universitas Fajar

Keywords:

analisis semiotika, lirik lagu, rancang rencana, mantra-mantra

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui makna pesan yang terkandung dalam lirik lagu berjudul Rancang Rencana pada album Mantra Mantra yang diciptakan oleh Kunto Aji. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan semiotika Ferdinand de Saussure. Hasil penelitian menunjukkan lagu Rancang Rencana menggambarkan keadaan-keadaan seseorang yang ingin melangkah kedepan tetapi masih punya pertimbangan atas apa yang akan dilakukan. Melalui lagu ini Kunto Aji ingin menyampaikan pesan mengenai self-talk yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan memecahkan masalah dan menjaga keseimbangan
mental.

References

Astuti, R. (2006). Analisis Deskriptif dan Analitik. Semarang: UNIMUS. Baughman, D.C. Bolden, B. (2017). Music as method: Musically enhanced narrative. Canada: Queen’s University.

Briggs, Asa and Peter Burke, A Social History of the Media: From Gutenberg to the Internet (Malden, MA: Polity Press, 2005).

Chandler, Daniel. (2007). Semiotics: The Basics. London: Routledge, Taylor & Francis Group. Djohan. (2009). Psikologi Musik. Best Publisher. Yogyakarta.

Deuze, Mark. (2020). The Role of Media and Mass Communication Theory in the Global Pandemic. Communication Today, 2020, Vol. 11, No. 2

Djawad, Alimuddin. Pesan, Tanda, dan Makna dalam Studi Komunikasi. Stiilstika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya. ISSN 2527-4104.

Effendy, O, U. (2009). Dimensi-Dimensi Komunikator. Bandung: PT Alumni

Ehondor, Beryl (2017). Intrapersonal Communication as Foundation as for Personal Branding. Pan Atlantic University: Pan Atlantic University School of Media dan Branding

Fatiyamin, Foluke. (2018). What is Communication?. Lagos: School of Education, National Open University of Nigeria.

Heriyadi. (2018). Peran Teori dalam Komunikasi. Mataram: Sekolah Pascasarjana UIN Mataram.

Tasâmuh Volume 16, No. 1, Desember 2018 Pesantren KH. Abdul Chalim. (2018). ModulMedia Komunikasi. Mojokerto: Bendunganjati.

Masdul, Rizal. (2018). Komunikasi Pembelajaran: Learning Communication. IQRA: Jurnal Ilmu Kependidikan dan Keislaman. ArtikelI, Volume 13, Nomor 02, Juli 2018.

Mansoer Pateda. (2001). Semantik Leksikal. Jakarta: Rineka Cipta.

Meyer, L.B. (1956). Emotion and meaning in music. University of Chicago Press: Chicago.

Mudjiyanto & Yanto. (2013). Semiotika Dalam Metode Penelitian Komunikasi. Volume 16 No. 1 April 2013. Jakarta & Makassar: Jurnal Penelitian Komunikasi, Informatika dan Media Massa: PEKOMMAS.

Mulyana, Deddy. (2007). Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Musheke, Mukelabai., Phiri, Jackson. (2021). The Effects of Effective Communication on Organizational Performance Based on the Systems Theory. Journal of Business and Management, 2021, 9, 659-671. Scientific Research Publishing.

Livari, Juhani. (2005). An Empirical Test of The DeLone-McLean Model of Information System

Success. Data Base for Advances in Information Systems. ABI/INFORM global. pp. 8-27.

Rijali, Ahmad. (2018). Analisis Data Kualitatif. Vol. 17 No. 33 Januari – Juni 2018. Banjarmasin: UIN Antasari.

Roem, Elva Ronaning., dan Sarmiati. (2019). Komunikasi Interpersonal. Purwekerto: CV IRDH

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sobur, Alex. 2003. Semiotika Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suprapto, Tommy. (2009). Pengantar Teori & Manajemen Komunikasi. Yogyakarta: Medpress

Totu & Yakin. (2014). The Semiotic Perspective or Peirce and Saussure: A Brief Comparative

Study. Kinabalu. The International Conference on Communication and Media 2014 (iCOME’14), 18-20 October 2014, Langkawi, Malaysia.

West, Richard, Lynn H. Turner. (2008). Pengantar Teori Komunikasi Analisis dan Aplikasi Edisi 3. Jakarta: Salemba Humanika.

Downloads

Published

2022-10-16