STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN HOTEL ARYADUTA MAKASSAR DI MASA PANDEMI COVID-19
Keywords:
komunikasi pemasaran, Hotel Aryaduta, Pandemi Covid-19Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan Hotel Aryaduta Makassar sebagai upaya untuk tetap menstabilkan dan meningkatkan pemasarannya di masa pandemi Covid-19. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan kepustakaan. Informan terdiri dari tiga yaitu marketing communication, sales manager, dan sales executive. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran Hotel Aryaduta Makassar di masa Pandemi
Covid-19 yakni melalui advertising, sales promotion, public relations, personal selling, dan direct marketing.
References
Amstrong, Kottler. (1997). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga
Balch, George E, Belch, Michael A. 2009. Adverising and Promotion: An Integrated Marketing Communication Perpective. New York: McGraw-Hill
Basu Swastha DH, 1984. Azaz-Azaz Marketing. Edisi keliga Liberty: Yogyakarta
Buchari, Alma. 2009. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta
Cangara, Hafied, 2015. Pengantar llmu Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Daryanto dan Muljo Rahardjo. 2016. Teori Komunikasi. Yogyakarta: Penerbit Gava Media
Deddy Mulyana. 2005. Imu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya
DjaslimSaladin, 2001, Manajemen Pemasaran, Analisis, Perencanaan, Pelaksanaan dan Pengendalian. Penerbit: Lindakarya, Bandung
Effendy. 2009. Human Relations & Public Relation. Bandung. Mandar Maju
Herlambang, Susatyo. 2014. Basic Marketing. Yogyakarta: Gosyen Publishing
Hurriyati, Ratih. 2006. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Penerbit: Alfabeta, Bandung
Moleong, L.J. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung. PT Rosdakarya
Parayudi. 2012. Public Relations Stratejik. Yogyakarta: CV Pandan Mas
Tjiptono, Fandy dan Gregorus Chandra. 2012. Pemasaran Strategik. Yogyakarta. ANDI
Uyung, Sulaksana. 2003. Integrated Marketing Communication. Yogyakarta: Pustaka Pelajar