STRATEGI KOMUNIKASI BPCB SULSEL DALAM MENARIK MINAT KUNJUNGAN WISATAWAN MANCANEGARA TERHADAP BENTENG FORT ROTTERDAM
Keywords:
strategi komunikasi, BPCB Sulawesi Selatan, Fort Rotterdam, wisatawan mancanegaraAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Sulawesi Selatan dalam meningkatkan minat kunjungan wisatawan mancanegara terhadap objek wisata Fort Rotterdam. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan observasi dan wawancara sebagai teknik pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi BPCB Sulawesi Selatan menggunakan empat tahapan, yaitu pengenalan khalayak untuk menentukan target dari strategi komunikasi yang akan dilakukan,
setelah itu menyusun pesan, dengan menggunakan metode informatif dan repition, dan memanfaatkan media sebagai sarana penyebar luasan informasi melalui Kelompok Kerja Pelayanan Publik dan Publikasi.
References
Bungin, Burhan. 2015 Komunikasi Pariwisata Pemasaran dan Brand Destinasi, Jakarta:
Prenadamedia Group
Cangara, Hafied. 2014. Perencanaan & Strategi Komunikasi (Jakarta: Rajawali Pers
Emzir. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif; Analisis Data. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Hermawan, Agus. 2012. Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Ma’arif, Bambang S. 2015. Psikologi Komunikasi Dakwah. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Mardhiyah, Azzahrani. 2018. Strategi Komunikasi Pemasaran Kementrian Pariwisata Indonesia Dalam Pesona Indonesia Melalui Youtube. Jurnal Manajemen Komunikasi (online) Vol 2, No.2 (http://jurnal.unpad.ac.id/manajemenkomunikasi/issue/view/1192 di akses 11 Juli 2020
Muththalib. Abd. Benteng Fort Rotterdam, Wisata Sejarah di Kota Makassar. https://www.celebes.co/Benteng-fort-rotterdam (online) diakses 30 Juni 2021
Nurhadi, Fachrul Zikri. 2017. Teori Komunikasi Kontemporer. Ed.1 PT. Balebat Dedikasi Prima
Nurjaman, kadar dan Umar, Khaerul. 2017. Komunikasi & Public Relations. Bandung: CV Pustaka Setia
Rangkuti, F. 2010. Spriritual Leadershipin Business, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
Riyani, Eko. 2018. Partisipasi Masyarakat Dalam Pengembangan Obyek Wisata Alam Air Terjun Jumog dan Dampal terhadap Kondiisi Ekonomi Masyarakat (Studi di Desa Berjo Kecamatan Ngargoyoso Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah. Skripsi: Yogyakarta Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.
Suryadana dan Octavia, 2015. Pengantar Pemasaran Pariwisata, Bandung: Alfabet
Simajuntak, Bungaran Antonius, dkk. 2017. Sejarah Pariwisata Menuju perkembangan Pariwisata Indonesia. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia
Sondang Siagian. 2014. Manajemen Strategi. Jakarta : Bumi Aksara
Suryadana dan Octavia, 2015. Pengantar Pemasaran Pariwisata, Bandung: Alfabeta
Suprapto, Tommy. 2011 Pengantar Ilmu Komunikasi dan Manajemen dalam Komunikasi. Yogyakarta: CAPS
Yusuf Zainal Abidin. 2015. Manajemen Komunikasi Filosofi, Konsep, dan Aplikasi. Bandung: Pustaka Setia
Wijayanti, Irene Diana Sari. 2012. Manajemen. Yogyakarta: Nuha Medika