STRATEGI KOMUNIKASI BPCB SULSEL DALAM MENARIK MINAT KUNJUNGAN WISATAWAN MANCANEGARA TERHADAP BENTENG FORT ROTTERDAM

Authors

  • Regita Cahyani Sanco'o Universitas Fajar
  • Muhammad Bisyri Universitas Fajar

Keywords:

strategi komunikasi, BPCB Sulawesi Selatan, Fort Rotterdam, wisatawan mancanegara

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Sulawesi Selatan dalam meningkatkan minat kunjungan wisatawan mancanegara terhadap objek wisata Fort Rotterdam. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan observasi dan wawancara sebagai teknik pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi BPCB Sulawesi Selatan menggunakan empat tahapan, yaitu pengenalan khalayak untuk menentukan target dari strategi komunikasi yang akan dilakukan,
setelah itu menyusun pesan, dengan menggunakan metode informatif dan repition, dan memanfaatkan media sebagai sarana penyebar luasan informasi melalui Kelompok Kerja Pelayanan Publik dan Publikasi.

References

Bungin, Burhan. 2015 Komunikasi Pariwisata Pemasaran dan Brand Destinasi, Jakarta:

Prenadamedia Group

Cangara, Hafied. 2014. Perencanaan & Strategi Komunikasi (Jakarta: Rajawali Pers

Emzir. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif; Analisis Data. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Hermawan, Agus. 2012. Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Ma’arif, Bambang S. 2015. Psikologi Komunikasi Dakwah. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Mardhiyah, Azzahrani. 2018. Strategi Komunikasi Pemasaran Kementrian Pariwisata Indonesia Dalam Pesona Indonesia Melalui Youtube. Jurnal Manajemen Komunikasi (online) Vol 2, No.2 (http://jurnal.unpad.ac.id/manajemenkomunikasi/issue/view/1192 di akses 11 Juli 2020

Muththalib. Abd. Benteng Fort Rotterdam, Wisata Sejarah di Kota Makassar. https://www.celebes.co/Benteng-fort-rotterdam (online) diakses 30 Juni 2021

Nurhadi, Fachrul Zikri. 2017. Teori Komunikasi Kontemporer. Ed.1 PT. Balebat Dedikasi Prima

Nurjaman, kadar dan Umar, Khaerul. 2017. Komunikasi & Public Relations. Bandung: CV Pustaka Setia

Rangkuti, F. 2010. Spriritual Leadershipin Business, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Riyani, Eko. 2018. Partisipasi Masyarakat Dalam Pengembangan Obyek Wisata Alam Air Terjun Jumog dan Dampal terhadap Kondiisi Ekonomi Masyarakat (Studi di Desa Berjo Kecamatan Ngargoyoso Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah. Skripsi: Yogyakarta Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.

Suryadana dan Octavia, 2015. Pengantar Pemasaran Pariwisata, Bandung: Alfabet

Simajuntak, Bungaran Antonius, dkk. 2017. Sejarah Pariwisata Menuju perkembangan Pariwisata Indonesia. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia

Sondang Siagian. 2014. Manajemen Strategi. Jakarta : Bumi Aksara

Suryadana dan Octavia, 2015. Pengantar Pemasaran Pariwisata, Bandung: Alfabeta

Suprapto, Tommy. 2011 Pengantar Ilmu Komunikasi dan Manajemen dalam Komunikasi. Yogyakarta: CAPS

Yusuf Zainal Abidin. 2015. Manajemen Komunikasi Filosofi, Konsep, dan Aplikasi. Bandung: Pustaka Setia

Wijayanti, Irene Diana Sari. 2012. Manajemen. Yogyakarta: Nuha Medika

Downloads

Published

2022-10-16