PENERAPAN TEKNOLOGI MR (MIXED REALITY) KATALOG PERUMAHAN SEBAGAI MEDIA PROMOSI PADA PERUMAHAN PURI TAMAN RAHMALA

Authors

  • M. Farhan Gaffar UNIVERSITAS FAJAR
  • Andita Dani Achmad UNIVERSITAS FAJAR
  • Muh Sakir UNIVERSITAS FAJAR

Abstract

Perkembangan Teknologi Informasi Sampai Dengan Saat Ini Berkembang Dengan Pesat Seiring Dengan Penemuan Dan Pengembangan Ilmu Pengetahuan Dalam Bidang Informasi Dan Komunikasi Sehingga Mampu Menciptakan Alat-Alat Yang Mendukung Perkembangan Teknologi Informasi. Untuk Membuat Sistem Promosi Properti Ini Menjadi Lebih Interaktif, Dibuatlah Sebuah Aplikasi Dengan Mengimplementasikan Teknologi Mixed Reality (MR), Yang Merupakan Hasil Kombinasi Virtual Reality (VR) Dengan Augmented Reality (AR). Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC), pengembangan metode multimedia ini dilakukan berdasarkan enam tahap, yaitu concept (pengonsepan), design (perancangan), material collecting (pengumpulan bahan), assembly (pembuatan), testing (pengujian), dan distribution (pendistribusian). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa mixed reality dapat menampilkan informasi suatu brosur perumahan secara lebih atraktif dan virtual sehingga lebih meningkatkan respon dari calon pelanggan, berdasarkan pengujian yang telah dilakukan dengan metode black box adalah mendapatkan hasil yang valid atau berhasil berdasarkan pengujian terhadap responden yang dilakukan dan mendapatkan respon positif dengan nilai persentase 80,2% (Sangat Setuju). Kesimpulan dari penelitian ini adalah mixed reality menjadi salah satu alternatif terbaik sebagai media promosi perumahan.

Downloads

Published

2023-06-25