ANALISIS KEUNGGULAN BERSAING KAIN TENUN SUTERA MANDAR (STUDI KASUS PADA PT. WASTRAMA TENUN INDONESIA DI KABUPATEN POLEWALI MANDAR)

Penulis

  • Sinta Baharuddin Mahasiswa Pascasarjana Universitas Fajar, Magister Manajemen
  • Abdul Samad A Dosen Pascasarjana Universitas Fajar, Magister Manajemen
  • Abdul Majid Dosen Pascasarjana Universitas Fajar, Magister Manajemen

Kata Kunci:

Kekuatan, Kelemahan, Peluang dan Ancaman

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan strategi keunggulan bersaing dengan menggunakan analisis SWOT (kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman) dalam pemasaran kain sutera Mandar PT. Wastrama Tenun Indonesia di Kabupaten Polewali Mandar. Penelitian ini dilaksanakan pada PT. Wastrama Tenun Indonesia di Kabupaten Polewali Mandar. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dan kuesioner. Data dianalisis dengan menggunakan analisis deksriptif kualitatif dengan metode analisis SWOT yang berisikan Matriks faktor strategi internal (IFAS), Matriks faktor strategi eksternal (EFAS), Matriks Tows atau SWOT. Matrik IFE dan EFE, Matriks Evaluasi Faktor Internal-Eksternal (IE), Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Hasil Penelitian ini menemukan dan menunjukkan bahwa analisis SWOT dalam menentukan strategi keunggulan bersaing khususnya dalam pemasaran kain tenun sutera pada PT Wastraman Tenun Indonesia, Kabupaten polewali Mandar adalah strategi pertumbuhan alasannya karena dari hasil analisis matriks IFAS dan EFAS mengindikasikan bahwa kekuatan dan peluang yang dimiliki perusahaan lebih besar dari kelemahan dan ancaman yang dihadapi oleh perusahaan dalam pemasaran kain tenun sutera. Selanjutnya hasil analisis penentuan strategi pertumbuhan dengan menggunakan analisis QSPM yang didalamnya meliputi penetrasi pasar, pengembangan pasar dan pengembangan produk maka setelah dilakukan analisis terlihat bahwa dalam menerapkan strategi pertumbuhan agar dapat lebih unggul dalam bersaing dalam pemasaran kain tenun sutera adalah dengan cara penetrasi pasar yang dapat dilakukan dengan menetapkan harga jual yang kompetitif, melakukan promosi dan memperluas jaringan pemasaran melalui pemanfaatan platform online seperti shoppee, tokopedia, lazada dan lainnya.

Unduhan

Diterbitkan

19-08-2023

Cara Mengutip

Baharuddin, S., A, A. S., & Majid, A. (2023). ANALISIS KEUNGGULAN BERSAING KAIN TENUN SUTERA MANDAR (STUDI KASUS PADA PT. WASTRAMA TENUN INDONESIA DI KABUPATEN POLEWALI MANDAR). POMA JURNAL: PUBLISH OF MANAGEMENT, 1(1), 84–98. Diambil dari https://journal.unifa.ac.id/index.php/POMAJURNAL/article/view/577

Terbitan

Bagian

Articles