FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MENGGUNAKAN INTERNET BANKING (Studi Pada Nasabah Bank Syariah Mandiri Di Indonesia)

Main Article Content

Dinar Fithriya Hanjadi
Muhammad Iqbal Fasa
Suharto Suharto
Adib Fachri

Abstract

Internet Banking adalah salah satu pelayanan jasa bank yang memungkinkan masyarakat ataupun nasabah untuk memperoleh informasi, melakukan komunikasi dan melakukan transaksi perbankan melalui jaringan internet, dan bukan merupakan bank yang hanya menyelenggarakan layanan perbankan melalui internet. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui minat mahasiswa terhadap fasilitas layanan internet bankingdan mobile banking yang disediakan oleh pihak perbankan, dan faktor-faktor yang mempengaruhi minat mahasiswa terhadap penggunaan internet banking dan mobile banking. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Metode digunakan karena obyek yang diteliti terukur dan rasional. Obyek penelitian yaitu semua bank syariah mandiri yang ada di selurih Indonesia. (79 cabang Bank syariah mandiri yang dijadikan obyek penelitian). Hasil dari penelitian ini adalah Perkembangan E-Banking mengalami lompatan besar, transaksi bank menjadi mudah, cepat dan real time tanpa ada batasan waktu dan tempat. Bank menyediakan layanan E-Banking untuk memenuhi tuntutan dan kebutuhan nasabah sebagai alternatif media untuk melakukan transaksi perbankan, tanpa nasabah datang ke bank atau ke ATM. Kecuali untuk transaksi setoran dan tarikan uang tunai.


Kata Kunci : Internet Banking, Minat

Article Details

Section
Articles