EFEKTIVITAS KOMUNIKASI ANTARA STAF RESERVASI DAN GUEST SERVICE AGENT PADA HOTEL MERCURE PALU

Authors

  • Rafika Hayati
  • Dewi Andriani
  • Anggun Sari Sasmita

Keywords:

Efektivitas komunikasi, staf reservasi, Guest Service Agent

Abstract

Komunikasi yang tidak berjalan efektif dalam satu organisasi akan mempengaruhi kinerja staf yang akan berdampak terhadap operasional hotel. Terjadinya kesalahan komunikasi antara staf Reservasi dan Guest Service Agent dapat mengakibatkan kesan yang kurang baik kepada tamu dimana hal ini mempengaruhi pelayanan pada Hotel Mercure Palu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas komunikasi antara staf Reservasi dan Guest Service Agent pada Hotel Mercure Palu. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah penyebaran angket dan wawancara, dengan jumlah sampel berasal dari seluruh staf Reservasi dan Guest Service Agent. Teknik analisis data dengan menggunakan uji validitas dan reliabilitas, serta rata-rata skor penilaian responden sehingga diketahui nilai rasio efektivitas, penyajian data dengan menggunakan statistik deskriptif kemudian penarikan kesimpulan. Terdapat lima indikator sebagai alat ukur efektivitas komunikasi, yaitu keterbukaan, empati, dukungan, sikap positif dan kesamaan/kesataraan. Berdasarkan hasil penelitian efektivitas komunikasi antara staf Reservasi dan Guest Service Agent pada Hotel Mercure Palu terdapat dua indikator yang dominan yaitu dukungan, adanya sikap saling mendukung antara staf Reservasi dan Guest Service Agent serta, adanya kesamaan bahasa dalam berkomunikasi dengan tingkat presentase masing-masing 94 %. Secara keseluruhan efektivitas komunikasi antara staf Reservasi dan Guest Service Agent dinilai sangat efektif dengan skor rata–rata 91,6 %. Adapun pada tingkat presentase 8,4% menunjukkan masalah komunikasi yang timbul antara staf Reservasi dan Guest Service Agent berasal dari faktor eksternal.

Downloads

Published

2021-01-30