PDF Pengaruh Korean Wave Terhadap Perilaku Komunikasi Dalam Menentukan Minat Beli Komunitas Korea Kota Makassar

Authors

  • J. Mujahidah Pawah Program Studi Magister Ilmu Komunikasi, Fakultas Pasca Sarjana, Universitas Fajar
  • A. Nur Insan Program Studi S1 Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Ilmu-Ilmu Sosial, Universitas Fajar
  • Nur Alim Djalil Program Studi Magister Ilmu Komunikasi, Fakultas Pasca Sarjana, Universitas Fajar

Keywords:

Korean wave, perilaku komunikasi, minat beli

Abstract

Korean wave atau gelombang hallyu merupakan fenomena budaya populer yang saat ini telah menyebar ke banyak negara, salah satunya adalah Indonesia. Terbukti dengan banyaknya komunitas pencinta Korea yang sudah ada di Kota Makassar. Penelitian ini meletakan fokus pada bagaimana korean wave mempengaruhi perilaku komunikasi serta menentukan minat beli pada komunitas pencinta Korea yang ada di Makassar. Penelitian ini menggunakan teori Terpaan Media. Sedangkan pendekatan yang digunakan yakni penelitian kuantitatif yakni dengan menggunakan Kuesioner, pengamatan dan studi literatur. Hasil penelitian menunjukan pengaruh korean wave cukup signifikan pada komunitas pencinta Korea di Makassar. Signifikansi tersebut ditunjukkan dari besar pengaruh Korean Wave terhadap perilaku komunikasi yaitu 47,4% dan pengaruh korean wave terhadap minat beli sebesar 44,3% serta pengaruh perilaku komunikasi terhadap minat beli yakni sebesar 44,0%. besarnya pengaruh korean wave terhadap perilaku komunikasi dan minat beli anggota komunitas korea di makassar merupakan terpaan dari media yang mencakup gaya berbicara serta gaya hidup.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-05-12

Issue

Section

Articles