PDF Pengaruh Iklan dan Program Acara Terhadap Perilaku dan Minat Beli Pendengar Radio Venus

Authors

  • Dini Anggraeni Program Studi Magister Ilmu Komunikasi, Fakultas Pasca Sarjana, Universitas Fajar
  • Abdul Samad A. Program Studi S1 Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Ilmu-Ilmu Sosial, Universitas Fajar
  • Alem Febri Sonni Departemen Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Hasanuddin

Keywords:

iklan, program acara, perilaku pendengar, minat beli

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung antara iklan dan program acara Radio Venus terhadap perilaku pendengar dan minat beli produk iklan. Penelitian ini dilaksanakan di Radio Venus Makassar. Pengumpulan data dilakukan melalui kuisioner, wawancara, dan studi pustaka. Data dianalisis menggunakan regresi berganda dan regresi sederhana melalui uji SPSS kemudian dilanjutkan dengan menggunakan path analysis menggunakan uji Sobel. Uji data dilakukan dengan lima hipotesis nol dan lima hipotesis alternatif. Hasil penelitian ini menemukan dan menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh iklan terhadap perilaku pendengar Radio Venus yang sangat kuat. (2) Terdapat pengaruh signifikan perilaku pendengar Radio Venus terhadap perilaku pendengar Radio Venus. (3) Terdapat pengaruh perilaku pendengar terhadap minat beli produk iklan sebesar 60 persen. (4) Terdapat pengaruh tidak langsung antara iklan yang tayang di dalam program Radio Venus terhadap minat beli produk melalui perilaku pendengar. (5) Terdapat pengaruh tidak langsung antara program acara Radio Venus terhadap minat beli produk iklan melalui perilaku pendengar.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-05-12

Issue

Section

Articles