ANALISIS PENGAKUAN PENDAPATAN PREMI ASURANSI UNDERWRITING BERDASARKAN PSAK NO. 28 TAHUN 2012 PADA PT. ASKRINDO CABANG MAKASSAR

Authors

  • Yasmi Universitas Fajar
  • Andi Arimbi Mappidemmang Universitas Fajar

DOI:

https://doi.org/10.47354/aaos.v3i2.321

Keywords:

Premi Asuransi Underwriting, PSAK 28, Asuransi Kerugian

Abstract

Penelitian ini menganalisis mengenai pengakuan pendapatan premi asuransi underwriting yang dilakukan pada PT. Askrindo Cabang Makassar. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis metode pengakuan pendapatan yang diterapkan pada PT. Askrindo Cabang Makassar, Keterkaitan pengakuan pendapatan terhadap premi asuransi underwriting, serta kesesuaian pengakuan pendapatan yang diterapkan oleh PT. Askrindo Cabang Makassar dengan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) No. 28 Tahun 2012.

Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan oleh penulis dapat ditarik kesimpulan bahwa pengakuan pendapatan premi asuransi underwriting yang telah diterapkan oleh PT. Askrindo Cabang Makassar telah sesuai dengan PSAK No. 28 Tahun 2012 hanya saja pencatatan premi yang belum merupakan pendapatan yang diterapkan oleh PT. Askrindo Cabang Makassar masih belum sesuai dengan PSAK No. 28 TAhun 2012.

Downloads

Published

2022-04-12

Issue

Section

Articles